alexametrics

Yuk, Buat Sate Bandeng untuk Makan Siang Ini

loading...
Yuk, Buat Sate Bandeng untuk Makan Siang Ini
Umumnya, sate dibuat dari daging kambing atau ayam. Taoi, kali Anda bisa mengkreasikan sate dari ikan. Namanya Sate Bandeng. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Kalau biasanya sate dibuat menggunakan daging kambing atau ayam, kali ini Anda bisa mengkreasikan sate dari ikan. Tepatnya ikan bandeng. Namanya Sate Bandeng.

Bandeng menjadi salah satu ikan yang mudah didapat dan disukai banyak orang karena rasanya yang lezat. Soal kandungan kesehatannya, tak perlu diragukan lagi. Langsung saja, seperti dilansir Enduestv, berikut resep membuatnya.

Bahan-bahan:
1 ekor ikan-bandeng ukuran sedang
sdm minyak
100 g kelapa parut kasar, sangrai
1½ sdt garam
½ sdt gula-pasir
½ sdt asam-jawa, larutkan dengan ½ sdm air panas
2 butir telur-ayam
100 ml santan cair
daun pisang, untuk pembungkus
bambu, untuk penjepit



Bumbu, haluskan:
12 butir bawang-merah
5 siung bawang-putih
3 buah cabai-merah-besar
1½ sdt ketumbar
¼ sdt jinten
2 cm jahe
1 cm lengkuas
3 cm kunyit, bakar

Cara membuat:
Keruk daging ikan bandeng, simpan kulitnya untuk dipakai lagi. Sangrai daging ikan hingga kering. Angkat. Pisahkan durinya, bila ada.

Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan daging bandeng, kelapa sangrai, garam, gula pasir, dan air asam, aduk hingga rata. Angkat, pindahkan ke dalam mangkuk dan biarkan hingga dingin. Tambahkan telur dan santan, aduk hingga rata.

Ambil ⅓ bahan adonan, sisihkan sisa adonan. Masukkan ⅓ bahan ke dalam kulit bandeng. Bentuk kembali hingga menyerupai ikan utuh. Jepit ikan dengan bilah bambu, sisihkan.

Bentangkan dua lembar daun pisang, taruh ⅓ bagian adonan pada daun pisang, ratakan. Taruh bandeng di atasnya lalu tutup permukaan bandeng dengan sisa adonan. Bungkus bandeng dan sematkan tusuk gigi pada ujung-ujungnya. Bakar bandeng di atas bara api hingga matang. Angkat, sajikan segera.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak