Arah Hadap Taman Sesuai Fengsui

Rabu, 09 September 2020 - 14:15 WIB
loading...
Arah Hadap Taman Sesuai Fengsui
Foto/dok
A A A
JAKARTA - Tidak hanya ruangan dalam rumah yang perlu diatur, peletakan elemen-elemen taman juga bisa dibuat selaras dengan aplikasi fengsui.

Selain mengatur tata letak ruangan dalam rumah, fengsui juga bisa diaplikasikan pada taman. Pengaplikasiannya pada taman dimaksudkan untuk mendukung pengaturan tata letak yang harmonis dan tidak mengganggu sudut pandangnya. (Baca: Gugus Tugas Waspada Kalseter Pilkada Serentak di Jabar)

"Jika fengsui rumah digunakan untuk mengatur peletakan ruangan, seperti pintu, jendela, dan interior, maka dalam fengsui taman yang diatur adalah peletakan elemen-elemen taman, baik hardscape maupun softscape-nya," kata pakar fengsui, Nirmala Sari

Untuk menghasilkan fengsui taman, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah arah hadap taman. Sebab, arah hadap yang berbeda menuntut penataan yang berbeda pula. Arah hadap ini akan menentukan elemen utama seperti air, api, bumi, dan logam.

Jika ditelusuri lebih lanjut, arah hadap ini sesungguhnya berkaitan dengan kondisi cahaya matahari yang diterima oleh taman. "Misalkan, taman yang akan dibuat menghadap ke selatan sebaiknya dilengkapi dengan tata lampu yang baik. Lampu di sini berfungsi untuk menarik energi baik dari bumi. Idealnya ditempatkan pada posisi yang bervariasi ketinggiannya agar seluruh sudut taman bisa tersinari dengan baik," ungkap Nirmala.

Arah Hadap Taman Sesuai Fengsui


Lantas mengapa taman yang menghadap ke selatan harus dilengkapi dengan cahaya? Lebih lanjut Nirmala menjelaskan, arah selatan memiliki lambang api, jika menanam banyak bunga di sisi ini akan memperkuat hangatnya simbol api. Maka, jika ingin menambahkan hardscape taman seperti kursi dan pot, pilih yang memiliki bentuk segitiga.

Sementara untuk pencahayaan taman yang menghadap ke selatan, sebaiknya ditempatkan di arah barat daya dan timur laut dari taman. Arah ini memiliki elemen bumi. Karena itu, sebaiknya lampu taman diletakkan di dekat bebatuan untuk memperkuat lambang bumi. (Baca juga: Berat, Ternyata Banyak Masalah yang Menghadang UMKM)

Sebagai alternatif, Anda bisa membuat 'bukit-bukitan' di dekat lampu taman dengan memainkan kontur tanah. Penambahan bebatuan atau permainan kontur tanah ini tentunya akan membuat taman Anda tampil lebih menarik. Elemen lain yang bisa ditambahkan untuk taman yang menghadap ke arah selatan adalah burung.

"Untuk jenis burung bisa nuri, ayam jantan, atau bangau. Burung-burung ini melambangkan usia panjang dan keberuntungan. Hal ini sejalan dengan simbol arah selatan, yakni burung phoenix," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1251 seconds (0.1#10.140)