Studi: Virus Corona Baru Mampu Menyerang Otak

Selasa, 15 September 2020 - 13:07 WIB
loading...
Studi: Virus Corona Baru Mampu Menyerang Otak
Berdasarkan studi, sakit kepala, kebingungan, dan delirium yang dialami oleh beberapa pasien COVID-19 bisa terjadi akibat virus corona yang langsung menyerang otak. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Sakit kepala, kebingungan, dan delirium yang dialami oleh beberapa pasien COVID-19 bisa terjadi akibat virus corona yang langsung menyerang otak. Hal ini berdasarkan penelitian Universitas California, San Francisco. Penelitian ini masih pendahuluan, tetapi menawarkan beberapa bukti baru untuk mendukung teori yang sebelumnya sebagian besar belum teruji.

Menurut makalah yang dipimpin oleh ahli imunologi Yale Akiko Iwasaki, virus tersebut dapat bereplikasi di dalam otak, dan keberadaannya membuat sel-sel otak di sekitarnya kekurangan oksigen, meskipun prevalensinya belum jelas. S Andrew Josephson, ketua departemen neurologi di Universitas California, San Francisco, memuji teknik yang digunakan dalam penelitian tersebut.

"Memahami ada atau tidaknya keterlibatan virus langsung di otak sangat penting," kata Josephson dilansir Times Now News. (Baca juga: Aktor Ade Firman Hakim Meninggal Dunia, Diduga karena Covid-19 )

Tidak mengherankan jika SARS-CoV-2 mampu menembus sawar darah otak, struktur yang mengelilingi pembuluh darah otak dan mencoba memblokir zat asing. Virus Zika, misalnya, juga melakukan ini dan menyebabkan kerusakan signifikan pada otak janin.

Tetapi para dokter percaya sampai sekarang bahwa dampak neurologis yang terlihat pada sekitar setengah dari semua pasien malah bisa menjadi hasil dari respon kekebalan abnormal yang dikenal sebagai badai sitokin yang menyebabkan radang otak, yang mana virus menyerang secara langsung.

Iwasaki dan koleganya memutuskan untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan tiga cara yakni dengan menginfeksi otak mini yang dikembangkan di laboratorium yang dikenal sebagai organoid otak, dengan menginfeksi tikus, dan dengan memeriksa jaringan otak pasien COVID-19 yang telah meninggal.

Di organoid otak, tim menemukan bahwa virus SARS-CoV-2 mampu menginfeksi neuron dan kemudian membajak mesin sel neuron untuk membuat salinan dirinya sendiri. Sel yang terinfeksi pada gilirannya mendorong kematian sel di sekitarnya dengan mencekik pasokan oksigennya.

Salah satu argumen utama yang menentang teori invasi otak langsung adalah bahwa otak kekurangan protein tingkat tinggi yang disebut ACE2 yang melekat pada virus corona, dan yang ditemukan berlimpah di organ lain seperti paru-paru. Tetapi tim menemukan bahwa organoid memiliki cukup ACE2 untuk memfasilitasi masuknya virus, dan protein juga ada di jaringan otak pasien yang meninggal. (Baca juga: #FromFriendsJaeAndJed, Jae Day6 Begitu Mengesankan di Momen Ulang Tahun )

Mereka juga melakukan spinal tap pada pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit yang menderita delirium dan menemukan individu tersebut memiliki antibodi penawar terhadap virus dalam cairan tulang belakang mereka. Tim kemudian melihat dua kelompok tikus - satu set yang diubah secara genetik sehingga memiliki reseptor ACE2 hanya di paru-parunya, dan yang lainnya hanya di otaknya.

Mereka yang terinfeksi di paru-paru menunjukkan beberapa tanda cedera paru-paru. Sementara mereka yang terinfeksi di otak kehilangan berat badan dengan cepat dan cepat meninggal, menunjukkan potensi kematian yang meningkat ketika virus memasuki organ ini. Akhirnya, mereka memeriksa otak dari tiga pasien yang meninggal karena komplikasi parah terkait COVID-19, menemukan bukti adanya virus dalam berbagai tingkat.

Menariknya, daerah yang terinfeksi tidak menunjukkan tanda-tanda telah disusupi oleh sel-sel kekebalan, seperti sel-T, yang bergegas ke tempat virus lain seperti Zika atau herpes untuk membunuh sel-sel yang terinfeksi. Ini bisa mengisyaratkan bahwa respon imun yang berlebihan yang dikenal sebagai cytokine storm yang bertanggung jawab atas banyak kerusakan yang terlihat di paru-paru pasien COVID-19 mungkin bukan penyebab utama gejala neurologis.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2715 seconds (0.1#10.140)