Bisa buat Kesehatan atau Variasi, Ini 5 Makanan Pengganti Nasi

Jum'at, 18 September 2020 - 13:01 WIB
loading...
A A A
Brokoli yang diiris juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, dengan 1/2 cangkir (57 gram) menyediakan lebih dari 25% dari nilai harian. Vitamin C bertindak sebagai antioksidan kuat yang dapat membantu mencegah kerusakan sel dan meningkatkan kesehatan kekebalan.

Seperti halnya kembang kol, brokoli yang telah dibelah dapat dibuat dengan memarut brokoli dengan parutan kotak atau memotongnya di dalam food processor, kemudian memasaknya dengan api sedang dengan sedikit minyak. Beberapa toko bahan makanan juga menjual brokoli yang sudah dipotong-potong di bagian freezer.

3. Nasi shirataki

Nasi shirataki adalah alternatif nasi populer lainnya untuk pelaku diet rendah karbohidrat dan kalori. Nasi jenis ini terbuat dari akar konjak, yang berasal dari Asia dan kaya akan serat unik yang disebut glukomanan. Menurut kemasan produk, satu porsi nasi shirataki 3 ons (85 gram) tidak mengandung kalori apapun.

Glukomanan, serat utama dalam akar konjak, sedang dipelajari untuk banyak manfaat kesehatan potensial, termasuk kemampuannya untuk membentuk penghalang pelindung di sepanjang lapisan usus. Namun, tetap perlu makan nasi shirataki dalam jumlah besar untuk mengonsumsi glukomanan dalam jumlah besar.

Untuk menyiapkan nasi shirataki, bilas hingga bersih dengan air, rebus selama 1 menit, lalu panaskan nasi dalam wajan dengan api sedang hingga kering. Membilas nasi shirataki sebelum dimasak membantu mengurangi baunya yang unik.

4. Kubis cincang

Kubis cincang adalah alternatif lain yang sangat baik untuk nasi. Kubis rendah kalori dan karbohidrat dengan rasa ringan yang melengkapi banyak gaya masakan. Kubis kaya akan sumber vitamin C dan K yang sangat baik, dengan porsi 1/2 cangkir (75 gram) masing-masing menyediakan 31% dan 68% dari sumber harian.

Vitamin K membantu mengatur pembekuan dan sirkulasi darah. Ini juga memainkan peran penting dalam kesehatan tulang. Untuk memasak kubis cincang, potong kecil kubis dengan pisau atau menggunakan food processor. Kemudian masak dengan sedikit minyak dengan api sedang sampai empuk.

5. Freekeh
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1470 seconds (0.1#10.140)