Para Ibu, Ini Tips Perawatan Wajan Antilengket agar Awet

loading...
Para Ibu, Ini Tips Perawatan Wajan Antilengket agar Awet
LocknLock Indonesia merilis wajan terbaru bernama LocknLock Easy Frypan. Foto/Dok LocknLock
A+ A-
JAKARTA - Memasak bisa menjadi mudah saat menggunakan peralatanyang tepat. Tak hanya itu, lapisan antilengket yang sudah lama dikenal juga harus bebas dari PFOA atau perfluorooctanoic acid agar makanan yang Anda konsumsi sehari-hari terhindar dari zat berbahaya.

LocknLock Indonesia, brand global yang memproduksi perlengkapan rumah tangga dan peralatan dapur, merilis wajan terbaru bernama LocknLock Easy Frypan. Wajan ini mempunyai keunggulan antilengket, ringan, mengantarkan panas dengan cepat dan merata, serta bebas dari PFOA. LocknLock Easy Frypan menjadi solusi memasak bagi keluarga Indonesia, khususnya para ibu, untuk bisa memasak di rumah secara lebih mudah, sehat, dan hemat di saat pandemi. (Baca Juga: Lima Langkah Mudah Menggoreng Paha Ayam Tanpa Kulit)

“Saat pandemi yang mengharuskan kita lebih banyak di rumah, memasak dan mencoba resep-resep masakan menjadi salah satu kebiasaan baru masyarakat Indonesia. Oleh karena itu LocknLock Easy Frypan hadir sebagai solusi kegiatan memasak sehari-hari dengan lebih mudah, lebih sehat, dan lebih hemat bagi keluarga,” kata Public Relations LocknLock Indonesia Artini Asputri.

Artini lantas berbagi tipsuntuk perawatan wajan agar awet digunakan jangka panjang. Ulasannya sebagai berikut.



1. Gunakan spatula dari bahan kayu atau silikon saat memasak agar tidak merusak lapisan antilengket. Alat memasak dari bahan kayu dan silikon jelas lebih aman karena ujung permukaannya tidak akan melukai bagian frypan saat mengaduk atau membalik makanan yang sedang dimasak. Hindari pemakaian bahan tembaga yang cenderung akan merusak lapisan pelindung antilengketnya.

2. Saat memasak gunakan api sedang, jangan terlalu besar, karena Easy Frypan dapat mengantarkan panas dengan baik dan masakan cepat matang. Mengatur suhu saat memasak juga penting karena bahan makanan yang dimasak akan lebih matang merata, dibandingkan bila memakai api besar saat memasak makananjuga akan cepat gosong dan tidak sempurna tingkat kematangannya.

3. Gunakan spon lembut dan sabun cair pencuci piring untuk membersihkan serta hindari spons kawat.



Perlakuan terhadap frypan juga sangat memengaruhi tingkat keawetannya. Bila lapisan lemak sulit atau ada kerak yang menempel akan lebih baik untuk diremdam dengan air terlebih dulu, baru kemudian menggosoknya dengan spons lembut. Penggunaan spons kawat sangat tidak disarankan karena akan merusak lapisan antilengket wajan. (Baca Juga: Jangan Terlalu Matang, Begini Cara Memasak Fillet Salmon untuk Sushi)

4. Saat selesai memasak dan wajan dalam keadaan panas, jangan langsung menyiram dengan air atau dicuci. Diamkan sejenak hingga suhu normal, baru dibilas atau dicuci agar tidak merusak lapisan antilengket. Hal ini sangat memengaruhi. Karena itu biasakan untuk membiarkan sejenak wajan Anda setelah digunakan.
(tsa)
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top