Lakukan Gerakan Kesukarelaan, Danone Beraksi untuk Sesama

Kamis, 24 September 2020 - 15:05 WIB
loading...
Lakukan Gerakan Kesukarelaan, Danone Beraksi untuk Sesama
Ratusan karyawan Danone Indonesia melakukan rangkaian kegiatan edukasi gizi dan hidrasi serta perawatan lingkungan dalam program Danone Volunteering Movement. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Pandemi yang melanda dunia termasuk Indonesia membuat semakin banyak masyarakat yang menyadari pentingnya kesatuan untuk membantu sesama. Inisiatif yang baik dari individu maupun kelompok perlu didorong untuk menghasilkan dampak positif kepada masyarakat. Tahun ini, ratusan karyawan Danone Indonesia melakukan rangkaian kegiatan edukasi gizi dan hidrasi serta perawatan lingkungan dalam program Danone Volunteering Movement atau Gerakan Kesukarelaan Danone selama Agustus dan September 2020.

(Baca juga: Outbreak Sebarkan Semangat dan Virus Positif di Masa Pandemi )

Corporate Communication Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin mengungkapkan bahwa selama pandemi, pihaknya berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam mendukung kesehatan masyarakat melalui donasi alat pelindung diri, ventilator, hingga pemenuhan nutrisi dan hidrasi sehat. "Di luar hal ini, kami juga terus berupaya membawa dampak yang berkelanjutan bagi lingkungan dan kesehatan melalui kegiatan bisnis kami," imbuhnya.

"Karyawan kami juga turut andil dalam perwujudan visi One Planet One Health, di mana kami percaya bahwa kesehatan masyarakat maupun bumi saling terkait sehingga harus saling dijaga. Atas komitmen luar biasa dari karyawan, kami kembali menghadirkan kegiatan tahunan kesukarelaan dengan semangat membawa dampak positif bersama melalui Danone Volunteering Movement 2020," lanjut Arif melalui keterangan tertulisnya, Kamis (24/9).

Kegiatan yang telah memasuki tahun kelima ini mendorong karyawan Danone di Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali dan Sulawesi untuk menginisiasi kegiatan yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat di daerah masing-masing. Kegiatan dapat dilaksanakan secara online, donasi, maupun program yang dilaksanakan secara langsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Kegiatan dari karyawanpun bervariasi mulai dari edukasi kebersihan dan kesehatan, pembuatan taman edukasi, pembuatan cairan pembersih alami, hingga budidaya sumber makanan. Aksi ini pun dilakukan dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan lainnya seperti pemerintah lokal, organisasi kemasyarakatan, lembaga swadaya masyarakat hingga para ahli.

Bentuk kegiatan sukarela dari karyawan Danone dapat mendukung kepedulian terhadap kesehatan di masyarakat, hingga memberdayakan masyarakat untuk mendapatkan pemasukan tambahan di tengah pandemi. Program Rumah Belajar Generasi Maju, misalnya, merehabilitasi fasilitas publik di 6 daerah menjadi rumah belajar yang dilengkapi fasilitas internet hingga mengadakan program webinar untuk tujuan edukasi dan mengajarkan masyarakat mengenai kesehatan ibu anak hingga mencuci tangan dengan sabun.

Ada juga program pelatihan eco enzyme, yaitu pembuatan hand sanitizer dan disinfektan alami dari buah dan sayuran, yang diadakan di Berastagi. Dalam kegiatan ini, kelompok konservasi tanah Karo di Berastagi dan Dinas Kesehatan dihadirkan melalui webinar online guna melakukan pelatihan eco enzyme. Selain pemanfaatan sumber daya sekitar, karyawan juga mengedukasi penggunaan sampah produksi berupa jerigen dan tong plastik pada warga Dusun Grojogan, Jawa Tengah untuk mengembangbiakan ikan lele dan sayur mayur.

Berbagai kegiatan juga dilakukan secara online, seperti edukasi virtual terkait gizi seimbang, olahraga virtual dan kampanye makan sehat di media sosial. Ada juga sesi webinar tentang pengolahan sampah serta berbagai pemberian donasi seperti kuota internet, perlengkapan sekolah, pangan, dan baju layak pakai.

Dalam pelaksanaan kegiatan, karyawan terlibat langsung dalam pembuatan perencanaan, pencarian mitra, menjangkau penerima manfaat, hingga evaluasi program. Secara keseluruhan, kegiatan Danone Volunteering Movement berhasil memberikan manfaat bagi 3.000 orang di 13 lokasi di seluruh Indonesia. Tidak hanya di Indonesia, aksi serupa juga dilakukan serentak oleh karyawan Danone di seluruh dunia.

(Baca juga: Sensasi Makan Kambing Zaitun sampai Kambing Uleg )

"Gerakan ini semakin memperkuat komitmen Danone dan karyawan kami untuk berkontribusi bagi Indonesia. Kami berharap, seluruh kegiatan Danone Volunteering Movement 2020 dapat memberikan dampak baik bagi penerima manfaat dan menjadi inspirasi bagi lebih banyak pihak untuk bersama-sama mendukung kesehatan bumi dan manusia," pungkas Arif.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1553 seconds (0.1#10.140)