Perkuat Imunitas agar Tetap Sehat Selama Pandemi

Jum'at, 16 Oktober 2020 - 14:15 WIB
loading...
Perkuat Imunitas agar Tetap Sehat Selama Pandemi
Foto/dok
A A A
JAKARTA - Covid-19 telah menyerang berbagai belahan dunia sejak awal tahun ini. Di Indonesia sendiri angka positif masih belum mereda. Namun, banyak masyarakat yang mulai mengabaikan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, rajin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, dan menggunakan masker.

Section Head of Claim Sequis dr Yosef Fransiscus mengatakan sangat penting untuk mematuhi protokol ini jika kita serius ingin memutuskan rantai penularan virus di sekitar kita dan di Indonesia. (Baca: Inilah Tabiat Buruk Suami yang Harus Dijauhi)

“Siapa pun kita dapat menjadi pembawa virus atau tertular virus. Demi kebaikan bersama, mari kita menjadi masyarakat yang responsif dan tertib karena virus ini mampu menular dengan cepat,” sebut dr Yosef.

Menurutnya, virus Covid-19 menyerang saluran pernapasan dan melemahkan sistem imun. Untuk itu, kita harus memastikan imunitas tetap terjaga. Apalagi imunitas setiap orang berbeda kemampuannya, tergantung pada usia, riwayat hidup, dan gaya hidup.

Adapun Imun dihasilkan oleh kelenjar thymus sebagai daya tahan tubuh alami yang bertugas melawan penyakit. Lalu, bagaimana cara kerja sistem imun saat virus ini menyerang? Sebagaimana tubuh selama ini menghadapi serangan berbagai virus, yaitu pada saat tubuh terinfeksi akan mengeluarkan pertahanan kekebalan bawaan.

Pada respons awal, jika tubuh kita kuat akan memungkinkan untuk mengendalikan infeksi dengan cepat. Pada kondisi ini, terjadi pelepasan protein interferon untuk mengganggu kemampuan virus agar tidak bereplikasi dalam sel-sel tubuh. Interferon juga akan merekrut sel-sel kekebalan lain untuk menyerang virus agar tidak menyebar. Misalnya, sel darah putih. (Baca juga: Pendidikan Guru Penggerak Diikuti 2.800 Guru)

Saat tubuh terserang oleh gas beracun atau radikal bebas, maka akan ditangkap oleh kolesterol yang berperan sebagai pelindung sel. Meskipun demikian, virus juga memiliki pertahanannya sendiri untuk menumpulkan atau melepaskan diri dari efek interferon.

Seperti apa respons imun bawaan saat terinfeksi virus? Bisa terlihat dari gejala klinis yang dialami ketika kita sakit, misalnya demam, batuk kering, nyeri tenggorokan, hidung tersumbat, malaise (rasa pegal dan tidak nyaman), sakit kepala, nyeri otot, atau diare.

Gejala-gejala tersebut merupakan manifestasi dari sistem imun bawaan sedang berupaya menyingkirkan virus. Sementara bagi penderita usia lanjut dan yang memiliki gangguan kekebalan tubuh (immunocompromised) terkadang gejala dan tandanya tidak khas.

Bagi mereka yang memiliki riwayat sakit, misalnya pada penderita diabetes melitus, imun akan tergantung pada tingkat kesehatannya sehingga pasien harus selalu mengontrol gula darah dan mengikuti petunjuk dokter. Perokok juga menjadi orang yang masuk dalam kategori rentan. Imun mereka cenderung rendah karena keracunan radikal bebas terus-menerus. (Baca juga: Jaga kesehatan Mata, Batasi Anak Main Gadget)

Jika paparan virus sudah menginfeksi, maka kekebalan tubuh akan fokus menangani virus dan kehabisan pasukan bila ada serangan ke-2 misalnya pneumonia. Itu sebabnya, kematian akibat Covid-19 kebanyakan akibat serangan ke-2 karena tubuh sudah kekurangan pasukan imun yang masih berperang melawan virus tersebut.

“Bisa kita katakan corona adalah pasukan pendobrak pertahanan untuk membuka kesempatan bagi virus dan kuman lainnya untuk melumpuhkan tubuh kita. Hal ini yang menyebabkan setelah infeksi pneumonia, penderita akan merasa kesulitan bernapas,” imbuh dr Yosef.

Mengingat sifat imun tidak stabil atau bisa naik atau turun sehingga kita perlu menjaganya dengan menggiatkan gaya hidup bersih dan sehat. Jangan lupa menambah asupan vitamin C, D, dan E dan dibarengi dengan vitamin K2 yang takarannya sesuai kebutuhan tubuh dan anjuran dokter. Asupan vitamin ini sangat penting untuk menjaga sistem pertahanan tubuh. (Lihat videonya: Satukan Tekad untuk Memenangkan Perang Melawan Covid-19)

“Setiap hari tubuh kita harus melawan miliaran virus dan kuman yang masuk lewat udara, makanan, atau infeksi. Itu sebabnya, para ahli kesehatan dan gizi selalu menyarankan pola hidup bersih dan sehat pada pasiennya. Bahkan, sebaiknya dilakukan bukan saat masa pemulihan saja, tetapi saat tubuh sehat dan sejak usia masih produktif,” terang dr Yosef. (Iman Firmansyah)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2239 seconds (0.1#10.140)