Cuci Tangan Pakai Sabun Lebih Efektif Bunuh Virus Corona

Kamis, 22 Oktober 2020 - 09:55 WIB
loading...
Cuci Tangan Pakai Sabun Lebih Efektif Bunuh Virus Corona
Menurut CDC, menjaga kebersihan tangan dapat mencegah 1 dari 3 penyakit diare dan 1 dari 5 infeksi saluran pernapasan, termasuk pilek atau flu. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pandemi Coronavirus (Covid-19) yang sedang berlangsung telah membuat beberapa perubahan signifikan dalam hal kesehatan dan kebersihan.

Orang-orang kini menjadi lebih sadar bagaimana melindungi diri mereka sendiri dari virus yang ditakuti ini. Jika tangan kita bersentuhan dengan beberapa permukaan yang berbeda sepanjang waktu, itu akan sangat berisiko membawa kuman dan virus, termasuk Coronavirus. Para dokter menekankan bahwa kita harus rajin mencuci tangan dan menjaganya agar tetap bersih setiap saat. (Baca: Inilah Pahala dan Keutamaan Menjaga Pandangan Mata)

Pandemi saat ini juga telah mengingatkan kita bahwa kebersihan tangan yang baik adalah salah satu cara paling sederhana dan efektif untuk menghentikan penyebaran infeksi sehingga membuat kita tetap sehat. Oleh sebab itu, Hari Cuci Tangan Sedunia, yang diperingati setiap tahunnya pada 15 Oktober lalu, menyoroti pentingnya mencuci tangan dengan sabun dan air.

Menurut CDC, menjaga kebersihan tangan dapat mencegah 1 dari 3 penyakit diare dan 1 dari 5 infeksi saluran pernapasan, termasuk pilek atau flu. (Lihat videonya: Diduga Depresi, Anggota Polisi Tewas Tembak Dada Sendiri)

Sementara itu, beberapa pakar kesehatan merekomendasikan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air karena diyakini dapat mengurangi semua jenis kuman dan bahan kimia di tangan.

Namun, jika tidak ada air dan sabun, kita dapat menggunakan pembersih tangan berbahan alkohol untuk membantu menghindari penyakit dan menyebarkan kuman ke orang lain. Kebanyakan dokter percaya bahwa mencuci tangan dengan sabun dan air bekerja jauh lebih baik dalam menghilangkan kuman dibandingkan dengan pembersih tangan. (Iman Firmansyah)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1661 seconds (0.1#10.140)