7 Penyakit yang Dapat Dicegah dengan Cuci Tangan, Flu hingga Covid-19

Selasa, 10 November 2020 - 10:05 WIB
loading...
A A A
4. Mononukleosis
Anda mungkin mengenalnya sebagai penyakit berciuman, tetapi mono dan virus epstein-barr yang menyebabkannya tidak hanya ditularkan melalui ciuman. Air liur adalah penyebab utamanya, jadi benda yang terkena bersin, batuk, atau disentuh oleh orang yang terinfeksi dapat menginfeksi Anda selanjutnya.

Berbagi minuman atau peralatan makan juga dapat menyebarkan penyakit ini. Jika terserang mono, Anda akan mengalami kelelahan yang ekstrem, demam tinggi, nyeri tubuh, sakit tenggorokan, dan limpa yang membesar. Gejala biasanya berlangsung antara dua dan empat minggu tetapi terkadang lebih lama.

5. Penyakit tangan kaki dan mulut
Jika Anda memiliki anak atau bekerja di sekitar mereka, cuci tangan dapat membantu mencegah infeksi yang disebabkan oleh coxsackievirus. Umum di tempat penitipan anak dan prasekolah, penyakit tangan kaki dan mulut (HFMD) menyebabkan luka di mulut dan tenggorokan, ruam di tangan dan kaki, demam dan kehilangan nafsu makan.

Partikel penularan dari hidung, mulut, lepuh, dan kotoran orang yang terinfeksi yang mengenai tangan dan kemudian masuk ke mulut. Itulah mengapa harus cuci tangan secara teratur dan mengajari anak-anak untuk melakukan hal yang sama. Ajarkan mereka untuk tidak menutupi mulutnya dengan tangan, dan jika sedang hamil, berhati-hatilah karena HFMD dikaitkan dengan risiko lebih tinggi lahir mati mendekati akhir kehamilan.

6. Hepatitis A
Hepatitis A tidak menyebabkan penyakit hati kronis seperti hepatitis B dan C. Namun hepatitis A masih dapat membuat Anda sangat sakit, menyebabkan masalah pencernaan, demam, kelelahan, dan penyakit kuning. (Baca juga: Drama dan Sensasi Kisah Cinta Johnny Depp – Amber Heard )

Dalam beberapa kasus, hepatitis A dapat menyebabkan gagal hati akut dan memerlukan rawat inap. Virus ini sering ditularkan ketika seseorang belum cuci tangan setelah menggunakan kamar mandi, sebelum menyiapkan makanan, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

7. Pilek
Meski tidak seserius penyakit lain, pilek masih bisa membuat Anda merasa sengsara. Satu studi menemukan bahwa mencuci tangan dapat menurunkan risiko terkena penyakit pernapasan hingga 45%.

Sementara, penelitian ini tidak mengeksplorasi efek hand sanitizer, para ahli mengatakan bahwa itu bagus untuk dalam keadaan darurat selama digunakan dengan benar. Hand sanitizer nyaman dan praktis digunakan, tetapi dalam kebanyakan situasi, cuci tangan harus menjadi garis pertahanan pertama.
(tdy)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1882 seconds (0.1#10.140)