Hipertensi Bisa Diatasi Tanpa Obat, Begini Caranya!

Kamis, 19 November 2020 - 13:30 WIB
loading...
Hipertensi Bisa Diatasi Tanpa Obat, Begini Caranya!
Rutin berolahraga adalah salah satu cara efektif untuk menurunkan tekanan darah. Foto/Today.com
A A A
JAKARTA - Hipertensi alias tekanan darah tinggi jumlah kasusnya semakin tinggi saja di Indonesia. Gaya hidup sedentary disebut-sebut menjadi salah satu penyebab penyakit ini. Darah tinggi sebaiknya diwaspadai, karena bisa memicu munculnya penyakit lain lain seperti stroke, gagal ginjal, dan jantung. Seperti dilansir di Webmd, di Amerika penyakit ini menyebabkan 1000 kematian perharinya.

Memang penyakit ini terkesan susah untuk disembuhkan. Padahal bila disiplin, penyakit ini setidaknya bisa dikendalikan. Para ahli kesehatan mengungkap bahwa 50 sampai 90 persen tekanan darah tinggi bisa diturunkan dengan penerapan gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat seperti apa yang bisa menurunkan hipertensi? Berikut ini rekomendasi seperti dikutip di Webmd:

Baca juga : Pentingnya Pengendalian Hipertensi Selama Kehamilan

1. Olahraga
Tak harus melakukan olahraga berat. Mulailah dengan olahraga ringan saja. Mulailah dengan melakukan olahraga yang Anda sukai lima sampai 10 menit perhari. Secara bertahap tingkatkan kuantitasnya hingga 30 menit perhari.

2. Pola makan sehat
Mulailah menjalani pola makan makan sehat dengan mengurangi konsumsi makanan berproses, kemasan, dan junkfood. Pasalnya makanan tersebut mengandung garam yang cukup tinggi. Ubah mindset berpikir Anda bahwa mengurangi garam bukan berarti mengurangi garam pada masakan. Tapi ingat bahwa kandungan garam banyak bertebaran di makan kemasan, junkfood, dan makanan di restoran.

3. Menurunkan berat badan
Mengurangi berat badan 5 persen saja akan cukup berpengaruh pad a tekanan darah Anda. Apalagi bila Anda berhasil menurunkan 10 persen dari berat badan Anda, ingin akan berdampak besar bagi penurunan tekanan darah dan risiko terkena penyakit kardiovaskular.

Baca juga : Waspada! Hipertensi Bisa Rusak Organ Tubuh

4. Kurangi asupan alkohol.
Sebuah studi pernah mengungkapkan bahwa 53 persen orang yang mengonsumsi 7-13 gelas alkohol perminggj bisa terkena hipertensi ringan. Sedangkan orang yang mengonsumsi alkohol 14 gelas perminggu memiliki risiko 69 persen terkena hipertensi.

5. Berhenti merokok.
Berhenti merokok efektif menurunkan tekanan darah tinggi dan menurunkan risiko penyakit serangan jantung.
(wur)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3431 seconds (10.101#12.26)