Lima Manfaat Kesehatan yang Bisa Dipetik dari Daun Mangga

loading...
Lima Manfaat Kesehatan yang Bisa Dipetik dari Daun Mangga
Buah mangga ini kaya akan vitamin dan mineral, selain itu daunnya pun ternyata memiliki sifat penyembuhan dan obat. / Foto: Ilustrasi/religionworld
JAKARTA - Buah mangga merupakan salah satu buah yang banyak disukai banyak orang. Selain rasanya yang manis dan segar, mangga juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Buah ini kaya akan vitamin dan mineral, selain itu daunnya pun ternyata memiliki sifat penyembuhan dan obat.

(Baca juga: Kebiasaan Main Gadget Malam Hari Tingkatkan Risiko Diabetes Tipe 2 )

Karena khasiat obatnya yang sangat besar, daun mangga juga menjadi penting untuk dikonsumsi, karena mengandung vitamin A , vitamin B , vitamin C , dan antioksidan termasuk fenol dan flavonoid.

Sedangkan daun mangga yang baik untuk dikonsumi adalah yang lembut dan berwarna kemerahan atau keunguan, dan ketika daun tersebut tumbuh besar maka akan berubah warna menjadi hijau gelap. Sementara itu, di negara-negara Asia Tenggara, daun mangga yang bertekstur lembut dapat dimasak dan dimakan. Dan berikut manfaat kesehatan dari daun mangga seperti dilansir laman Boldsky.



1. Kontrol diabetes tipe 2

Daun mangga dianggap berguna untuk mengendalikan diabetes karena mengandung tanin yang dikenal juga sebagai antosianidin yang dapat membantu dalam pengobatan diabetes dengan cara mengeringkan daunnya atau jadikan bubuk, bisa juga digunakan sebagai infus untuk mengobati diabetes.

2. Meningkatkan fungsi kognitif



Diabetes tipe 2 dapat meningkatkan faktor risiko penyakit alzheimer dan demensia vaskular. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Brain Pathology, ekstrak daun mangga dapat meningkatkan patologi sentral dan menurunkan gangguan kognitif pada pasien diabetes tipe 2.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top