Tips Ciptakan Area Makan di Ruang Mungil

Rabu, 02 Desember 2020 - 09:45 WIB
loading...
Tips Ciptakan Area Makan di Ruang Mungil
Keterbatasan luas bukan menjadi alasan untuk menghalangi Anda dalam menghadirkan ruang makan yang hemat tempat. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Kegiatan makan bersama keluarga bisa menjadi agenda paling menyenangkan dan membuat anggota keluarga semakin akrab dan hangat. Untuk itu, dibutuhkan ruang makan dalam sebuah hunian.

Keterbatasan luas bukan menjadi alasan untuk menghalangi Anda dalam menghadirkan ruang makan yang hemat tempat. Termasuk, dalam apartemen atau hunian mungil yang luasnya terbatas. Anda bisa menyiasatinya dengan memilih furnitur ruang makan yang tepat guna. (Baca: Jadikan Sifat Tawadhu sebagai Modal Kebahagiaan)

Desainer interior Revano Satria menjelaskan, pada dasarnya menciptakan ruang makan yang nyaman bisa diaplikasikan. Meskipun memiliki ukuran terbatas, pemilihan bentuk meja makan yang tepat bisa jadi solusi yang baik. Dari semua bentuk meja makan, seperti oval, kotak, persegi, dan bulat, bisa diterapkan. Namun, bentuk kotak dan bulat yang paling pas untuk menghemat tempat.

"Untuk 1 meja kotak berukuran sisi 100 cm atau meja bulat berdiameter 100 cm dapat menampung 4 sampai 6 orang dan membutuhkan ruang yang luasnya tidak sampai 10 meter persegi," tegasnya.

Bila dibandingkan dengan meja makan berbentuk persegi atau oval dengan kapasitas yang sama, meja makan bentuk kotak dan bulat lebih pas diterapkan. Namun, meja makan bulat dan kotak memiliki beberapa nilai plusnya.

"Karena tidak memiliki sudut, meja bulat sangat fleksibel. Jumlah kursi makan pada meja ini dapat ditambah atau dikurangi tanpa terasa ganjil sehingga kapasitas meja bisa diatur sesuai dengan kebutuhan," tutur Revano. (Baca juga: Selama PJJ, Guru Mengaku Terkendala Menjelaskan Materi Pelajaran ke Siswa)

Meja makan bulat juga bisa menciptakan ruang makan yang berkesan kasual sehingga suasana ruang pun lebih santai. Dengan atmosfer demikian, tentu akan lebih mudah menciptakan keakraban antaranggota keluarga.

"Memilih meja makan harus benar-benar sesuai karena dalam memilih baik secara ukuran maupun bentuk, tidak boleh sembarangan. Jika salah memilih, tentunya akan mengganggu kenyamanan ketika menyantap hidangan saat beraktivitas," jelasnya.

Bila luasan ruangan dalam apartemen atau pun rumah sangat terbatas dan tidak mungkin untuk dihadirkan ruang makan secara khusus, Anda bisa menyiasatinya dibuat menyatu dengan ?kitchen set. Anda bisa memanfaatkan salah satu ujung kabinet dalam kitchen set sebagai area makan. (Baca juga: Covid-19 Bisa Sebabkan Gigi Penderita Tanggal)

Jika area dapur Anda masih memungkinkan untuk meletakkan meja makan, tidak ada salahnya untuk menempatkan meja makan di ruang tersebut. Cara lain untuk menyiasatinya, Anda bisa memilih meja makan berukuran kecil. Bahan yang digunakannya pun dipilih yang tidak menimbulkan kesan berat, tetapi sebaliknya, bernuansa ringan seperti logam.

"Untuk menambah fungsi dapur sebagai ruang makan yang perlu dilakukan adalah menggeser dan menambah beberapa furnitur seperti kursi, peralatan makan, dan beberapa ornamen aksesori lainnya," saran Revano. (Lihat videonya: Mari Sukseskan Pilkada Serentak 2020)

Jika luas area dapur tidak memungkinkan untuk menempatkan banyak kursi, Anda tinggal menambahkan kursi makan yang jumlahnya sudah disesuaikan dengan kebutuhan, maka area ruang makan yang hemat tempat pun dapat diwujudkan. (Aprilia S Andyna)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1616 seconds (0.1#10.140)