Mau Memulai Hidup Minim Sampah? Awali dengan 9 Langkah Ini!

Rabu, 02 Desember 2020 - 16:15 WIB
loading...
A A A
6. Saat ingin makan dine in di restoran, jangan sungkan untuk bertanya soal wadah yang dipakai di tempat makan itu. "Walaupun dine in, kemasannya banyak yang bersifat sekali pakai. Makanya jangan malu bertanya, atau malah bisakah kita pakai wadah sendiri?" ujar Andhini.

7. Saat ingin jajan, carilah snack yang bisa dibeli secara curah lalu gunakan wadah yang Anda bawa sendiri. Begitu juga saat Anda ingin membuat suguhan bagi tamu di rumah, pilih makanan yang dapat dibeli secara curah dan tanpa kemasan.

"Opsinya masih bisa dicari kok. Memang opsi yang tersedia sedikit, tapi ada. Makanya, di sinilah diperlukan peran produsen dan pemerintah agar kita memiliki opsi yang lebih banyak," kata Andhini.

( )

8. Bawa peralatan makan minum sendiri ketika pergi ke luar rumah. Maka itu, penting untuk Anda membuat perencanaan sebelum berkegiatan di luar agar bisa mempersiapkan segala "amunisi" dari rumah seperti tumbler, sendok, garpu, dan sebagainya yang sekiranya diperlukan.

9. Bukan cuma makanan dan minuman, produk sandang pun perlu dicari yang ramah lingkungan . Begitu pula saat Anda ingin berbelanja online. Cari tahu apakah toko yang akan Anda beli produknya itu mendukung konsep keberlanjutan. Tanyakan, apakah bisa mereka meminimalkan sampah saat mengemas barang yang Anda beli.
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1380 seconds (0.1#10.140)