Minyak Zaitun Extra Virgin Jaga Memori, Lindungi Otak dari Alzheimer

loading...
Minyak Zaitun Extra Virgin Jaga Memori, Lindungi Otak dari Alzheimer
Konsumsi minyak zaitun extra virgin melindungi memori dan kemampuan belajar. Foto Ilustrasi/Freepik
JAKARTA - Diet Mediterania yang kaya makanan nabati dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk demensia yang lebih rendah. Para peneliti di Sekolah Kedokteran Lewis Katz di Temple University (LKSOM) telah mengidentifikasi bahan khusus yang melindungi dari penurunan kognitif, yakni minyak zaitun extra virgin, komponen utama dari makanan Mediterania.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan secara online di Annals of Clinical and Translational Neurology, para peneliti menunjukkan bahwa konsumsi minyak zaitun extra virgin melindungi memori dan kemampuan belajar serta mengurangi pembentukan plak amiloid-beta dan kekusutan neurofibrillary di otak sebagai penanda klasik penyakit Alzheimer.

(Baca Juga: 7 Cara Cegah Diabetes, Salah Satunya Minum Kopi dan Teh )

Tim Temple juga mengidentifikasi mekanisme yang mendasari efek perlindungan dari minyak zaitun extra virgin. "Kami menemukan bahwa minyak zaitun mengurangi peradangan otak, tetapi yang terpenting mengaktifkan proses yang dikenal sebagai autophagy," jelas Peneliti Senior Domenico Pratico, MD, Profesor di Departemen Farmakologi dan Mikrobiologi dan Pusat Pengobatan Translasional di LKSOM.



Autofagi adalah proses di mana sel memecah serta membersihkan puing-puing dan racun intraseluler seperti plak amiloid dan tau kusut.

"Sel-sel otak dari tikus yang diberi makanan yang diperkaya dengan minyak zaitun extra virgin memiliki tingkat autophagy yang lebih tinggi dan penurunan tingkat plak amiloid dan tau terfosforilasi," tambah Dr. Pratico.

Zat terakhir, tau terfosforilasi, bertanggung jawab atas kusut neurofibrillary, yang diduga berkontribusi pada disfungsi sel saraf di otak yang bertanggung jawab atas gejala memori Alzheimer.



Studi sebelumnya menunjukkan bahwa penggunaan minyak zaitun extra virgin dalam makanan orang yang tinggal di daerah Mediterania sebagian besar bertanggung jawab atas banyak manfaat kesehatan yang terkait dengan diet Mediterania. "Pemikirannya adalah bahwa minyak zaitun extra virgin lebih baik daripada buah-buahan dan sayuran saja, dan sebagai lemak nabati tak jenuh tunggal lebih sehat daripada lemak hewani yang jenuh," kata Dr. Pratico.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top