Minyak Zaitun Extra Virgin Jaga Memori, Lindungi Otak dari Alzheimer
Kamis, 03 Desember 2020 - 03:00 WIB
loading...
Konsumsi minyak zaitun extra virgin melindungi memori dan kemampuan belajar. Foto Ilustrasi/Freepik
A
A
A
JAKARTA - Diet Mediterania yang kaya makanan nabati dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk demensia yang lebih rendah. Para peneliti di Sekolah Kedokteran Lewis Katz di Temple University (LKSOM) telah mengidentifikasi bahan khusus yang melindungi dari penurunan kognitif, yakni minyak zaitun extra virgin, komponen utama dari makanan Mediterania.
Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan secara online di Annals of Clinical and Translational Neurology, para peneliti menunjukkan bahwa konsumsi minyak zaitun extra virgin melindungi memori dan kemampuan belajar serta mengurangi pembentukan plak amiloid-beta dan kekusutan neurofibrillary di otak sebagai penanda klasik penyakit Alzheimer.
(Baca Juga: 7 Cara Cegah Diabetes, Salah Satunya Minum Kopi dan Teh )
Tim Temple juga mengidentifikasi mekanisme yang mendasari efek perlindungan dari minyak zaitun extra virgin. "Kami menemukan bahwa minyak zaitun mengurangi peradangan otak, tetapi yang terpenting mengaktifkan proses yang dikenal sebagai autophagy," jelas Peneliti Senior Domenico Pratico, MD, Profesor di Departemen Farmakologi dan Mikrobiologi dan Pusat Pengobatan Translasional di LKSOM.
Autofagi adalah proses di mana sel memecah serta membersihkan puing-puing dan racun intraseluler seperti plak amiloid dan tau kusut.
Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan secara online di Annals of Clinical and Translational Neurology, para peneliti menunjukkan bahwa konsumsi minyak zaitun extra virgin melindungi memori dan kemampuan belajar serta mengurangi pembentukan plak amiloid-beta dan kekusutan neurofibrillary di otak sebagai penanda klasik penyakit Alzheimer.
(Baca Juga: 7 Cara Cegah Diabetes, Salah Satunya Minum Kopi dan Teh )
Tim Temple juga mengidentifikasi mekanisme yang mendasari efek perlindungan dari minyak zaitun extra virgin. "Kami menemukan bahwa minyak zaitun mengurangi peradangan otak, tetapi yang terpenting mengaktifkan proses yang dikenal sebagai autophagy," jelas Peneliti Senior Domenico Pratico, MD, Profesor di Departemen Farmakologi dan Mikrobiologi dan Pusat Pengobatan Translasional di LKSOM.
Autofagi adalah proses di mana sel memecah serta membersihkan puing-puing dan racun intraseluler seperti plak amiloid dan tau kusut.
Lihat Juga :