Teh Hijau dan Cokelat Hitam Membantu Mencegah Infeksi COVID-19

Jum'at, 04 Desember 2020 - 07:01 WIB
loading...
Teh Hijau dan Cokelat Hitam Membantu Mencegah Infeksi COVID-19
Berdasarkan studi, teh hijau, anggur muskadin, dan cokelat hitam dapat mengikat dan memblokir fungsi enzim tertentu, atau protease, dalam virus corona baru. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Dalam sebuah studi, para peneliti telah mengklaim bahwa senyawa kimia dalam makanan atau minuman seperti teh hijau , anggur muskadin, dan cokelat hitam dapat mengikat dan memblokir fungsi enzim tertentu, atau protease, dalam virus corona baru, virus yang bertanggung jawab atas Covid-19.

"Protease penting untuk kesehatan dan kelangsungan hidup sel dan virus. Jika protease dihambat, sel tidak dapat melakukan banyak fungsi penting seperti replikasi," kata penulis studi De-Yu Xie dari North Carolina State University di AS. (Baca juga: Teh Hijau dan Dua Buah Ini Miliki Potensi Lumpuhkan Coronavirus )

"Salah satu fokus lab kami adalah menemukan nutraceuticals dalam makanan atau tanaman obat yang menghambat cara virus menempel pada sel manusia atau penyebaran virus di sel manusia," tambah Xie.

Dalam studi yang diterbitkan di jurnal Frontiers in Plant Science, tim peneliti melakukan simulasi komputer dan studi laboratorium yang menunjukkan bagaimana apa yang disebut 'main protease' (Mpro) dalam virus corona baru bereaksi ketika dihadapkan dengan angka dari berbagai senyawa kimia tumbuhan yang telah dikenal karena sifat anti-inflamasi dan antioksidannya yang kuat.

"Mpro dalam virus corona baru diperlukan agar virus mereplikasi dan merakit dirinya sendiri. Jika kami dapat menghambat atau menonaktifkan protease ini, virus akan mati," jelas Xie dilansir dari Times Now News.

Simulasi komputer menunjukkan bahwa senyawa kimia yang dipelajari dari teh hijau, dua varietas anggur muscadine, bubuk kakao, dan cokelat hitam mampu mengikat berbagai porsi Mpro. Mpro memiliki porsi yang seperti kantong yang diisi oleh senyawa kimia. Saat kantong ini diisi, protease kehilangan fungsi pentingnya.

Eksperimen laboratorium juga menunjukkan hasil yang serupa. Senyawa kimia dalam teh hijau dan anggur muskadin sangat berhasil menghambat fungsi Mpro, senyawa kimia dalam bubuk kakao dan cokelat hitam mengurangi aktivitas Mpro sekitar setengahnya.

"Teh hijau memiliki lima senyawa kimia teruji yang mengikat ke berbagai situs di kantong di Mpro, yang pada dasarnya berlebihan untuk menghambat fungsinya," tandasnya. (Baca juga: Rayakan Ultah Jin BTS, ARMY Blokade Iklan di Berbagai Media )

Anggur muscadine mengandung bahan kimia penghambat ini di kulit dan bijinya. Tumbuhan menggunakan senyawa ini untuk melindungi dirinya sendiri, sehingga tidak mengherankan jika daun dan kulit tumbuhan mengandung senyawa bermanfaat ini.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3011 seconds (0.1#10.140)