Perlukah Pasien COVID-19 yang Sudah Sembuh Divaksinasi? Ini Penjelasan Ahli

Selasa, 08 Desember 2020 - 17:11 WIB
loading...
A A A
Ini adalah tindakan pencegahan dengan beberapa preseden. Orang dewasa sehat di atas usia 50 tahun masih disarankan untuk mendapatkan vaksin herpes zoster meskipun mereka pernah menderita cacar air atau herpes zoster sebelumnya.

"Saya melakukannya karena saya ingin kekebalan ekstra untuk melindungi saya dari penyakit herpes zoster yang kambuh di kemudian hari," jelas Thomas tentang keputusannya baru-baru ini untuk mendapatkan vaksin herpes zoster.

"Meskipun saya sebelumnya pernah terinfeksi dan memiliki kekebalan dalam jumlah tertentu, saya memilih untuk mendapatkan vaksin untuk menggandakannya dan membuat saya lebih aman," lanjutnya.

( )

Menurut Dr. Sarah Fortune selaku Ketua Imunologi dan Penyakit Menular di Harvard TH Chan School of Public Health, sejauh ini tidak ada bukti bahwa vaksin tak akan aman bagi penderita COVID-19, tetapi diperlukan lebih banyak penelitian.

"Belum ada kejadian buruk serius yang membuat saya berpikir ini akan menjadi masalah besar, tapi saya pikir analisis itu harus dilakukan," ujar Dr. Fortune.
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1316 seconds (0.1#10.140)