Resep Klepon Cake ala Audrey MasterChef Indonesia, Cobain Yuk!

Minggu, 03 Januari 2021 - 10:15 WIB
loading...
Resep Klepon Cake ala Audrey MasterChef Indonesia, Cobain Yuk!
Klepon Cake. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Terinspirasi dari jajanan tradisional khas Indonesia yakni klepon, Audrey membuat sajian klepon cake di Grand Final MasterChef Indonesia Season 7.Tekstur sponge cake yang lembut dipadukan dengan coconut cream yang gurih dan saus gula jawa yang manis terasa nikmat di lidah. Yuk buat klepon cake ala Audrey untuk camilan sore hari. Berikut resep membuat klepon cake dikutip dari YouTube Devina Hermawan :

Bahan-bahan :

Sponge cake pandan :

7 butir putih telur
160 gr gula pasir
1 sdt cream of tartar
120 gr tepung terigu protein rendah
7 butir kuning telur
110 gr susu pandan (susu diblender dengan pandan)
70 gr minyak goreng
5 tetes pewarna hijau

Baca juga : Yuk, Memulai Tahun Baru dengan Bikin Mi Panjang Umur Khas China

Coconut crumble :

60 gr kelapa kering
50 gr tepung terigu protein sedang
120 gr gula pasir
60 gr tepung almond
3 gr garam
80 gr mentega

Saus gula jawa :

100 gr gula jawa
50 gr santan
50 gr whip cream
2 gr garam

Coconut whipped cream :

250 gr whip cream
150 gr santan
60 gr gula
1 lembar gelatine sheet
100 gr daging kelapa muda
Es batu

Lainnya :

1 lembar daun pandan
Gold leaf

Baca juga : Resep Lasagna Rendang, Rasanya Dijamin Bikin Ketagihan!

Cara membuat :

Mixer putih telur, cream of tartar (bisa diganti dengan air jeruk nipis) dan gula pasir sedikit demi sedikit lalu mixer hingga mengembang dan kaku. Campurkan minyak goreng, santan, susu pandan, kuning telur, pewarna hijau, dan tepung yang sudah diayak lalu aduk hingga tidak ada gumpalan. Masukkan adonan meringue sedikit demi sedikit kedalam adonan cair sambil diaduk perlahan.

Tuang ke dalam loyang ukuran 20 x 30 yang sudah diolesi dengan mentega dan dialasi baking paper, lalu panggang di suhu 165 derajat Celcius selama 25-30 menit atau hingga matang tergantung ketebalan kue. Angkat kue lalu balikkan loyang diatas cooling rack, biarkan dingin.

Untuk saus gula merah masukkan santan, whip cream dan garam lalu tambahkan gula merah yang sudah disisir dan aduk rata. Masak hingga gula larut dengan api kecil.

Untuk membuat coconut crumble, campur tepung almond, tepung protein sedang, kelapa kering, gula pasir, dan garam lalu aduk rata. Masukkan mentega lalu aduk dengan tangan hingga membentuk gumpalan kecil-kecil.

Pindahkan crumble ke atas loyang, letakkan menyebar dan jangan menumpuk kemudian panggang di suhu 175 derajat Celcius selama 10-15 menit, sambil sesekali diaduk. Untuk cream kelapa, panaskan santan hingga hangat lalu masukkan gula pasir dan masak hingga gula larut. Rendam gelatine dengan air dingin, biarkan hingga lunak lalu masukkan ke dalam santan hangat dan aduk hingga larut.

Baca juga : 5 Makanan yang Membawa Keberuntungan saat Tahun Baru

Masukkan daging kelapa, blender hingga halus. Kocok whip cream hingga mengembang dan kaku, masukkan campuran santan dan kelapa tadi hingga rata, masukkan cream ke dalam plastik segitiga. Setelah dingin, keluarkan kue dari loyang dan cetak menggunakan ring cutter. Letakkan satu layer sponge lalu semprotkan coconut cream, tumpuk lagi dengan sponge dan beri semprotan coconut cream lagi kemudian tumpuk dengan layer terakhir

Olesi seluruh permukaannya dengan coconut cream lalu taburi dengan coconut crumble diseluruh permukaan kue. Atau bisa juga kue dihidangkan dengan konsep deconstructed cake. Garnish kue dengan daun pandan dan gold leaf lalu hidangkan dengan saus gula merah.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)