Menapaktilasi Perjalanan Pesinden Legendaris Mimi Marni

Minggu, 10 Januari 2021 - 03:31 WIB
loading...
Menapaktilasi Perjalanan Pesinden Legendaris Mimi Marni
Mimi Marni, salah satu penyanyi yang sudah merasakan banyak tempat sebagai panggungnya dalam bidang seni tarik suara. / Foto: Tangkapan Layar YouTube
A A A
MAJALENGKA - Geliat seni di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, dalam beberapa waktu terakhir mulai mendapat perhatian dari para musisi kota besar. Ary Juliant dan Mukti-Mukti adalah contoh kecil musisi balada yang jadi saksi akan geliatan seni musik di daerah ini.

(Baca juga: Angkat Kisah Peperangan, Asphyx Syuting Video Klip di Museum Perang )

Geliat seni musik di Kabupaten Majalengka, jika melihat perjalanannya, bukan hal yang aneh. Jauh sebelum kehadiran grup musik LAIR, Kabupaten Majalengka telah memiliki sederet tokoh dalam bidang tarik suara.

Marni, salah satu penyanyi yang sudah merasakan banyak tempat sebagai panggungnya dalam bidang seni tarik suara. Mimi Marni, demikian artis asal Desa Beber, Kecamatan Ligung itu biasa disapa, dikenal sebagai sinden legendaris yang sudah wiri-wiri puluhan tahun lalu.

"Mimi lahir 10 Juli 1949 dengan nama Sutiah. Sudah mulai aktif nyinden (sinden) sejak masih SD. 1957 Mimi sudah ikut lomba tingkat kabupaten, dan jadi juara," kata cucu Marni, Wina Luthfiyya Ipnayati saat berbincang dengan SINDONews di sela-sela pameran 'Menapak Jejak Marni' di Desa Beber, Kecamatan Ligung, baru-baru ini.

Sepak terjang Mimi semakin menjadi saat dia beranjak remaja. Sekitar 1970, Mimi berkolaborasi dengan 3 Mestro Tarling (musik tradisional daerah Pantura Jabar), Sunarto, Jayana, dan Abdul Ajid. Ketiga nama itu dikenal luas oleh para pecinta musik Tarling.

"Tahun 1976 sudah mulai rekaman. Ada sekitar 27 kali masuk dapur rekaman, dan juga punya album. Golet Pasangan dan Kiser Saedah adalah contoh kecil album Mimi yang keluar tahun 1977 dan 1978," papar Wina.

Seiring berjalannya waktu, nama Mimi Marni semakin dikenal kalangan luas. Tidak hanya di wilayah Ciayumajakuning saja. Dalam perjalanannya, Mimi juga pernah menginjakkan kaki di Sumatera, untuk perform di sana. "Di sana Mimi bersama grupnya tinggal selama 3 tahun, manggung dari satu tempat ke tempat lain. Mimi membentuk grup Warna Sari tahun 1976 yang kemudian diganti jadi Marni Grup pada 1982," kata dia.

"Nah, setelah ada Marni Grup ini, sudah mulai beragam. Ada tarlingan, dangdut dan bobodoran. Awalnya Mimi fokus di (jenis) Kliningan (sebagai Sinden). Untuk album pun beragam, bahkan ada yang musik qasidah. Namun kasetnya belum ketemu semua," lanjutnya.

Pentas di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, memiliki nilai tersendiri bagi seorang musisi. Mimi, selama perjalanan kariernya, sudah pernah menjajah tempat tersebut. "Sekitar tahun 1988, 2 kali Mimi pentas di sana," tandas Wina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1320 seconds (0.1#10.140)