Selamat! Jabodetabek Sukses, Hari Ini 4 TV MNCN Lanjut Siaran Digital di DIY

Minggu, 10 Januari 2021 - 12:21 WIB
loading...
Selamat! Jabodetabek Sukses, Hari Ini 4 TV MNCN Lanjut Siaran Digital di DIY
Hari ini 4 stasiun televisi milik PT Media Nusantara Citra Tbk resmi bersiaran digital di Daerah Istimewa Yogyakarta. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Hari ini, 4 stasiun televisi milik PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN), yaitu RCTI, MNCTV, GTV, dan iNews, resmi bersiaran digital di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Langkah tersebut, menyusul siaran digital yang sukses digelar di Jabodetabek dan bisa disaksikan pada channel 44 UHF sejak 30 Desember 2020.

( )

"Mulai hari ini, 4 TV MNCN yaitu RCTI, MNCTV, GTV dan iNews siaran digital di DIY," kata Corporate Secretary Director MNC Group Syafril Nasution , Minggu (10/1).

Adapun siaran digital 4 TV PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) tersebut, menyusul langkah Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) yang mulai mengebut persiapanmigrasi siaran dari analog ke digital (analog switch-off/ASO), dengan melakukan uji coba di 12 provinsi di seluruh Indonesia.

MNC Group memulai siaran digital di Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek). Setelah itu, uji coba diperluas ke Yogyakarta mulai hari ini. Selanjutnya ke Kepulauan Riau, termasuk Batam dan ke sembilan provinsi lain. Adapun untuk sembilan provinsi lain masih membutuhkan waktu, karena membutuhkan perangkat yang sudah dipesan lebih dahulu.

Sebelumnya, Syafril yang juga Ketua Umum Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI) mengungkapkan, sejumlah LPS dan afiliasinya yang merupakan anggota ATVSI juga telah memulai peralihan siaran. Trans Group, Viva Group, Emtek Group, dan Media Group sudah memulai siaran digital di sejumlah titik.

Syafril mengatakan, para anggota berkomitmen untuk mendukung program ASO, diharapkan sebelum 2 November 2022 sudah berjalan. Salah satu wujud dukungan yang diberikan oleh ATVSI adalah uji coba siaran digital dansimulcastdi 12 provinsi.

( )

Sekadar catatan, dalam mendorong percepatan siaran digital, Kemenkominfo membagikan secara gratis sekitar 6,7 juta set top box kepada keluarga miskin. Sebagai bagian dari peta jalan untuk mencapai target ASO nasional pada 2022, bahkan telah membuat gugus tugas migrasi TV analog ke digital.

Saat ini, sebanyak 12 provinsi di Indonesia telah siap untuk migrasi analog ke digital. Kemenkominfo menargetkan sekitar Juni atau Juli 2021 semua infrastruktur digital telah siap di 34 provinsi, sehingga target ASO nasional dapat terpenuhi.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3237 seconds (0.1#10.140)