Flare, Bisa Menjadi Gejala Covid-19 Pada Penderita Reumatik Autoimun

Senin, 18 Januari 2021 - 17:57 WIB
loading...
A A A
Lebih jauh, penyakit reumatik disebut juga penyakit muskuloskeletal yaitu sekelompok penyakit yang menimbulkan manifestasi pada tulang, sendi, tulang rawan, tendon, ligamen, dan otot. Ada lebih dari 200 jenis penyakit reumatik. SLE (systemic lupus erythematosus), RA, sjogren syndrome, skleroderma, dan myositis adalah contoh penyakit reumatik autoimun.

Baca Juga : 4 Pencegahan Kanker Serviks, Salah Satunya Seks Aman

Penyakit autoimun sendiri adalah penyakit yang timbul akibat sistem imun mengenali sel atau jaringan tubuh sebagai lawan sehingga menyerang sel atau jaringan tubuh. Data dari Eropa sampai dengan bulan Januari ini, terdapat sekitar 3.500 pasien autoimun yang terkena Covid-19. Diagnosis tertinggi kasus penyakit autoimun yang terjadi adalah RA, spondylo arthritis, dan psoriatic arthritis. 46 persen diataranya butuh perawatan dengan gejala demam, batuk, dan sesak napas.

Sedangkan angka kematiannya hampir 10 persen atau sebanyak 360 kematian. Sementara di luar Eropa, terdapat 3.900 penderita autoimun yang terkena SarsCov2. Sebagian besar penderita RA, lupus, dan arthritis, dengan angka kematian 6 persen. Sri noviarni

(wur)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1569 seconds (0.1#10.140)