Konsumsi Buah Perkuat Sistem Imun

Sabtu, 23 Januari 2021 - 16:30 WIB
loading...
Konsumsi Buah Perkuat Sistem Imun
(Ilustrasi Sindonews/Win Cahyono)
A A A
JAKARTA- Buah-buahan telah terbukti memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Kandungan vitamin , mineral, serta antioksidan pada jenis makanan ini dapat menyehatkan sekaligus memberi tambahan tenaga serta memperkuat sistem imun secara alami.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan seseorang perlu makan lima porsi buah-buahan per hari untuk ‎menjaga diri dari serangan berbagai macam penyakit, seperti kanker, jantung, dan lainnya. Sebab, faktor pemicu penyakit ini akibat kekurangan makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang sebagian besar terdapat di buah-buahan.

Manfaat mengkonsumsi buah secara rutin sudah dibuktikan artis senior Rima Melati yang berhasil lolos dari penyakit kanker payudara. Ia bercerita setelah divonis dokter bahwa dirinya mengidap kanker payudara pada 1989. Saat itu Rima merasa putus asa sampai akhirnya ia diberikan saran untuk mengonsumsi buah secara rutin oleh dokter di Belanda.

"Ternyata, salah satu kunci menekan penyebaran sel kanker dengan makan buah tomat setiap hari minimal 1 sampai 2 buah," jelasnya.

Dari situ, Rima mengaku memiliki semangat dan mulai mencoba mengonsumsi buah tomat setiap hari sebagai terapi alaminya, dan tentunya diimbangi dengan mengurangi beberapa makanan yang dilarang. serta juga rutin melakukan kemoterapi. Rima mengkonsumi buah tomat tanpa menggunakan campuran penambah rasa seperti gula dan garam.

"Jadi seperti pure tomat yang dikukus atau direbus terlebih dahulu," ungkap istri dari almarhum aktor Frans Tumbuan ini.

Apa yang dijalani Rima dibenarkan oleh dokter gizi kinik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Fiastuti Witjaksono. Menurutnya, salah satu manfaat besar dari mengonsumsi buah-buahan yaitu jadi pelindung utama tubuh untuk menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Karena setiap kandungan buah terdapat antioksidan tinggi yang diperlukan oleh tubuh.

"Ciri buah-buahan yang mengandung antioksidan tinggi yaitu buah dengan kandungan gula rendah. Antioksidan dalam buah berguna untuk melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan molekul berbahaya," tambah Fiastuti, Jumat (22/01/2021).

Buah Beri dan tomat contohnya, buah-buahan ini penting dikonsumsi setiap hari untuk melawan kanker. Dalam satu butir buah tomat mengandung lycopene yang dapat menangkal kanker payudara. Selain bisa mencegah kanker payudara, lycopene juga dipercaya mampu melindungi dari serangan kanker prostat.

"Lycopene dalam segelas tomat dapat meningkatkan hormon adiponectin, yaitu hormon yang berperan dalam pengaturan kadar lemak dan obesitas, serta mencegah terjadinya kanker payudara sebesar 9%," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2036 seconds (0.1#10.140)