Kenali Tanda Kerusakan Bangunan Rumah

Rabu, 27 Januari 2021 - 08:22 WIB
loading...
A A A
Struktur bangunan juga menjadi penentu, maka untuk struktur biasanya sudah ada ketentuan SNI di tiap material yang dipakai. Misalnya dari pembesian, besi apa saja yang digunakan untuk bentangan. Selain itu juga dibutuhkan pengukuran mutu beton yang digunakan sebab semuanya tergantung hasil hitungan. Jika semua sesuai jarang banget bangunan struktural rusak.

Dede mengatakan faktor lain kerusakan rumah juga dari faktor eksternal misalnya akibat pembangunan persis di sebelah rumah. Maka, saat kita merenovasi rumah misalnya dengan membuat tingkatan rumah perlu meminta izin dengan tetangga samping kanan kiri depan maupun belakang.

"Kita juga sebaiknya harus mengetahui kondisi lingkungan, tidak mungkin di area padat pemukiman pasang tiang pancang risikonya besar karena pemasangan tiang pancang harus ditancapkan dalam ke tanah berisiko rumah sekitar goyang atau perubahan muka tanah," tegasnya.

Bukan hanya soal tiang pancang saja yang bisa menyebabkan masalah, namun pembangunan ke atas juga akan berdampak sebab menambah debit air di atap tetangga. Air yang berasal dari dinding rumah yang dibangun dapat memenuhi talang rumah tetangga. (Ananda Nararya)
(wan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1421 seconds (0.1#10.140)