Studi: Risiko Penularan Covid-19 dari Alat Olahraga Lebih Rendah

Senin, 15 Februari 2021 - 15:06 WIB
loading...
Studi: Risiko Penularan Covid-19 dari Alat Olahraga Lebih Rendah
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa risiko penularan Covid-19 dari berbagi peralatan olahraga lebih rendah dari yang diperkirakan. Foto/Popsugar.
A A A
JAKARTA - Penelitian terbaru menunjukkan bahwa risiko penularan Covid-19 dari berbagi peralatan olahraga lebih rendah dari yang diperkirakan. Para peneliti, dipimpin oleh Liverpool School of Tropical Medicine, menerapkan partikel virus hidup ke sembilan jenis peralatan olahraga dan bahan kontrol.

Mereka menyimpulkan tampaknya tidak mungkin bahwa bola dan aksesori olahraga merupakan penyebab utama transmisi. Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson mengatakan pada Juni lalu bahwa bola kriket adalah vektor alami virus corona.



Dilansir BBC, Senin (15/2) studi Strike menemukan virus paling tidak dapat ditransfer pada bahan penyerap seperti sarung tangan kriket dan bola tenis, dibandingkan dengan peralatan tidak berpori seperti pelana balap dan bola rugby.

Para peneliti menemukan bahwa ada pembusukan cepat dari partikel virus di beberapa jenis peralatan, dan sangat sulit untuk mentransfer kembali virus hidup darinya. Peneliti menyimpulkan, kontak dekat antara pemain kemungkinan menjadi cara utama untuk menyebarkan virus daripada berbagi peralatan.

"Ini menunjukkan bahwa risiko penularan saat berbagi peralatan olahraga lebih rendah daripada yang diperkirakan dan ini menyoroti pentingnya mempromosikan langkah-langkah pengendalian infeksi lain dalam olahraga, sementara mendesak produsen peralatan untuk mengidentifikasi permukaan yang kemungkinan kecil menyimpan virus," kata James Calder, dari Imperial College dan Klinik Fortius.

Selama penelitian, virus corona hidup dosis rendah dan dosis tinggi diaplikasikan pada sarung tangan kriket, sepak bola, bola golf, sepotong busa lubang gym, sadel kuda, bola kriket merah dan putih, bola rugby, dan bola tenis, serta baja tahan karat sebagai bahan kontrol.

Masing-masing diuji setelah satu menit, lima menit, 15 menit, 30 menit dan 90 menit, untuk melihat apakah virus hidup dapat ditransfer dari peralatan pada titik waktu yang relevan dengan acara olahraga. Ketika dosis rendah diterapkan, virus dapat dipulihkan pada tujuh dari 10 item yang diuji setelah satu menit, satu dari 10 setelah lima menit - pelana kuda - dan tidak satupun dari 10 setelah 15 menit.

Ketika dosis tinggi diterapkan, virus dapat pulih pada sembilan dari 10 item setelah satu dan lima menit - semua kecuali sarung tangan kriket - enam dari 10 setelah 30 menit, dan dua dari 10 setelah 90 menit (bola rugby dan pelana kuda).

Namun, penelitian menemukan bahwa pemulihan rata-rata virus turun di semua materi menjadi 0,74% pada satu menit, 0,39% pada 15 menit dan 0,003% pada 90 menit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1381 seconds (0.1#10.140)