Makanan Pedas Ternyata Bisa Mengurangi Peradangan Hingga Melawan Infeksi

loading...
Makanan Pedas Ternyata Bisa Mengurangi Peradangan Hingga Melawan Infeksi
Makanan pedas kerap digemari lantaran bisa menambah selera saar bersantap. Terlepas itu semua, makanan pedas ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan. Foto/Savorjapan.
JAKARTA - Makanan pedas kerap digemari lantaran bisa menambah selera saar bersantap. Bahkan, sensasi pedan bisa membuat mata berair, hidung berair, dan bikin lidah dan telinga kemerahan.

Terlepas dari semua itu, ternyata makanan pedas memiliki beberapa manfaat kesehatan. Melansir Times of India, berikut 5 manfaat dari mengonsumsi makanan pedas.

Baca juga: Makanan Pedas Disebut Dapat Bantu Fungsi Paru-Paru

1. Mengurangi peradangan
Rempah-rempah memiliki sifat anti-inflamasi. Makanan anti-inflamasi sangat bagus untuk mengobati kondisi kesehatan seperti sakit kepala, penyakit autoimun, artritis, dan mual.



2. Dapat membantu mencegah kanker
Sesuai penelitian, makanan pedas dapat mempengaruhi sel kanker dan dapat menghilangkan atau menghambat pertumbuhannya. ini dapat mencegah atau memperlambat pertumbuhan sel kanker, sehingga mengurangi risiko terkena kanker.

3. Melawan infeksi
Rempah-rempah kaya akan antioksidan, memiliki sifat antibakteri dan antimikroba. Ini dapat membantu menangkal infeksi di tubuh dengan menghilangkan unsur-unsur penyebab penyakit.

Baca juga: Yuk, Intip Cara Membuat Ayam Kampung Pedas Khas Banyuwangi



4. Dapat memperpanjang umur
Sesuai penelitian oleh Harvard dan China National Center for Disease Control and Prevention, konsumsi rempah-rempah secara teratur dapat membantu orang hidup lebih lama.

5. Meningkatkan metabolisme
Kehadiran antioksidan dalam rempah-rempah dapat meningkatkan metabolisme tubuh, yang dapat membantu dalam pengelolaan berat badan.

Akan tetapi, penting untuk diingat bahwa setiap rang memiliki tingkat toleransi bumbu yang berbeda pula. Makanan pedas dapat memperburuk masalah pencernaan yang sudah ada.

Ini dapat merusak indra perasa karena orang yang mengembangkan selera akan makanan pedas mungkin menganggap hal-hal lain hambar. Karena itu, selalu disarankan untuk mengonsumsi makanan pedas dalam jumlah sedang.
(tdy)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top