5 Cara Menangani Efek Samping Vaksin dengan Pengobatan Rumahan

Selasa, 16 Februari 2021 - 12:01 WIB
loading...
A A A
3. Minum obat penghilang rasa sakit
Menggunakan pereda nyeri dan obat OTC mungkin merupakan pilihan yang lebih disukai untuk orang yang mengalami nyeri akut, atau sedikit lebih sensitif terhadap nyeri dan bengkak.

Meskipun WHO dan badan kesehatan tidak merekomendasikan pengobatan pencegahan sebelum vaksinasi, atau penyalahgunaan obat, penggunaan obat pereda nyeri akan baik-baik saja jika orang mengalami gejala atau nyeri setelah divaksinasi.

Ingatlah bahwa menggunakan obat penghilang rasa sakit mungkin tidak menyelesaikan semua manfaat, dan juga tidak aman dari risiko efek samping. Meskipun obat pereda nyeri tidak berinteraksi atau mengubah respons kekebalan Anda, obat-obatan tertentu telah dikaitkan dengan penurunan jumlah antibodi.

Ingatlah untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, sebelum menggunakan opsi perbaikan sendiri. Untuk mempelajari lebih banyak cara untuk meningkatkan respons kekebalan Anda dengan vaksin COVID-19, berikut beberapa tips.

4. Bagaimana meredakan gejala dan efek samping lainnya?
Efek samping dan gejala lain yang diketahui, bahkan jika jarang dikatakan demam, nyeri tubuh, kelelahan, yang semuanya adalah reaksi kekebalan.

Meskipun menggunakan obat antipiretik dan pereda nyeri merupakan pilihan jika Anda merasa sakit, pengobatan alami juga dapat digunakan jika Anda bukan penggemar berat obat-obatan, atau takut risiko yang terkait dengan penggunaan obat penghilang rasa sakit dengan vaksin.

Jamu dan obat-obatan alami, seperti jus giloy bekerja sebagai obat penurun demam yang sangat baik. Minum cukup air, tetap terhidrasi dan yang terpenting, makan dengan baik secara alami akan mengurangi risiko efek samping vaksin, dan membuat Anda bangkit kembali dalam waktu singkat.

Jika Anda adalah seseorang yang rentan terhadap infeksi atau gejala sering, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mengambil cuti, istirahat dan menyembuhkan.

5. Apakah ada tindakan pencegahan lain yang harus dilakukan?
Sama seperti yang Anda lakukan, selama pandemi, kebersihan dasar dan tindakan pencegahan perlu diikuti bahkan setelah mendapatkan vaksinasi.

Penggunaan alkohol telah dilarang selama beberapa minggu setelah menerima dosis vaksin. Alkohol dapat berdampak negatif pada sistem kekebalan, jadi yang terbaik adalah memiliki pola makan yang baik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3149 seconds (0.1#10.140)