Harganya Melambung, Ketahui 10 Manfaat Tanaman Porang

Jum'at, 09 April 2021 - 13:10 WIB
loading...
Harganya Melambung, Ketahui 10 Manfaat Tanaman Porang
Harganya Melambung, Ketahui 10 Manfaat Tanaman Porang. Foto/Kementan.
A A A
JAKARTA - Tanaman Porang belakangan ini tengah viral di media sosial. Bahkan, seorang petani porang di Desa Kepel, Jawa Timur berhasil menjadi milarder berkat bisnis ekspor porang yang telah digelutinya.

Merangkum dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jakarta, Jumat (9/4), porang merupakan tanaman umbi-umbian dari spesies Amorphophallus muelleri. Tanaman ini memiliki segudang manfaat, sehingga tidak aneh jika harganya melambung tinggi.

Setelah viral di madia sosial, tanaman ini kian diburu oleh masyarakat yang ingin memperoleh keuntungan. Berikut 10 manfaat tersembunyi tanaman porang.



1. Lem ramah lingkungan

Tanaman porang mengandung konjac glucomannan (kgm) yang bisa menjadi perekat yang sangat bagus. Selain bagus, lem yang dihasilkan dari tanaman porang ini juga ramah lingkungan.

2. Bahan campuran untuk industri

Kandungan konjac yang ada pada tanaman porang dapat dijadikan bahan campuran membuat kertas yang kuat dan tahan lama. Tanaman porang juga bisa dijadikan perekat kertas, cat, kain katun dan wol, pengkilap kain dengan bahan yang lebih baik dan harga lebih murah.

3. Bahan pembuat obat

Kandungan kgm yang terdapat pada tanaman porang bermanfaat sebagai bahan pembentuk kapsul obat-obatan. Pasalnya porang memiliki kandungan lem alami sehingga digunakan untuk merekatkan kapsul obat.



4. Pengganti agar-agar

Tanaman porang memiliki serat tidak berwarna yang dapat larut dengan mudah didalam air. Serat tersebut juga tidak berbau dan memiliki konsistensi yang menyerupai agar-agar. Oleh sebab itu serat porang dapat diolah menjadi seperti agar-agar.

5. Pembersih air

Kandungan glukomannan sangat cocok untuk memurnikan air dan keloid dari bir, gula, minyak dan serat

6. Isolator listrik

Glukomannan dari tanaman porang dalam bentuk gel dapat menjadi pengganti gel silikan. Gel ini sangat bagus untuk mencegah penghantaran listrik dan juga panas.



7. Bahan makanan Jepang

Di Jepang, tepung konjac kerap dijadikan bahan campuran untuk membuat mie shirataki atau konnyaku.

8. Pengental es krim

Konjac yang terkandung dalam tanaman porang dapat digunakan juga sebagai sirup atau pengental perekat dalam campuran es krim agar tidak cepat meleleh.

9. Mengurangi kadar kolesterol

Kandungan glukomannan mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, serat yang terdapat pada porang juga biasa digunakan sebagai alternatif diet untuk menurunkan berat badan maupun bagi penderita diabetes.

Meski demikian, penggunaannya harus tetap dikonsultasikan sebab efek samping yang dirasakan bakal terjadi di badan jika seseorang tidak cocok dengan kandungan porang.



10. Membuat bahan water prof (tahan air)

Jika tanaman porang dicampurkan dengan gliserin atau natrium hidroksida, glukomannan yang terdapat dalam porang dapat menjadi bahan kedap air.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1623 seconds (0.1#10.140)