Selain Daya Tarik, Kolam Renang Mesti Punya Nilai Seni

loading...
Selain Daya Tarik, Kolam Renang Mesti Punya Nilai Seni
Selain desain bangunan, salah satu daya tarik dari sebuah penginapan atau resort bahkan rumah adalah kolam renang. / Foto: ilustrasi/ist
JAKARTA - Selain desain bangunan, salah satu daya tarik dari sebuah penginapan atau resort bahkan rumah adalah kolam renang. Tak sedikit penginapan yang menawarkan kolam renang sebagai daya tarik utama mereka. Sama halnya dengan rumah, bila terdapat kolam renang akan menambah nilai seni dan nilai jual yang tinggi. Terlebih desain kolam renang saat ini semakin berkembang dan beragam.

Baca juga: Rilis Mini Album, Agatha Chelsea Persembahkan When Were Older

Hanya saja, pembuatan kolam renang harus diperhitungkan segala aspeknya, tidak sembarangan asal ada kolam renang. Perlu berhati-hati dalam memilih kontraktor kolam renang. Di Bali , ada salah satu kontraktor kolam renang yang spesifik menangani pembuatan dan desain kolam renang, yakni Kolam Bali. Selain kontraktor kolam renang, Kolam Bali juga melayani jasa desain dan konsultasi hingga supplier kolam renang.

Founder Kolam Bali, Tommy Ambarayasa, yang berlatar belakang arsitek, mengaku sangat konsen terhadap nilai seni , fungsi dan kenyamanan pada kolam renang yang dikerjakan. Keputusannya beralih dari arsitek bangunan menjadi arsitek kolam renang lantaran prihatin masih banyak kolam renang yang dia temui dibuat ala kadarnya dan tidak sesuai dengan karakter bangunan.

"Berawal dari kecintaan saya pada seni, fungsi dan kenyamanan, jadi ternyata kolam renang juga perlu hal itu. Sebab, banyak kolam renang yang tidak sesuai dengan desain, tidak sesuai dengan fungsi dan kenyamanan," ungkap Tommy dalam keterangan persnya, Jumat (9/4).



"Saya tertarik ingin membuat kolam renang yang lebih artistik, karena arsitektur wajib memiliki elemen firmitas atau ketahanan, utilitas atau fungsi dan venustas atau keindahan" lanjutnya.

Selain ketiga hal tersebut, keamanan dan kualitas material yang dipakai juga sangat dia perhatikan, dari bahan hingga kekuatan dalam jangka panjang.

Dengan berkantor di Pulau Dewata, Kolam Bali cenderung mengusung konsep tropical. Konsep ini juga dilandasi dari Indonesia yang beriklim tropis. "Kebetulan di Bali sendiri awal-awal kita bikin kolam renang itu, kan, banyak villa jadi orderan banyak. jadi saya terlatih membuat kolam yang sesuai dengan iklim kita dengan memanfaatkan material batu alam," kata dia.

Salah satu karya kolam renang terbaik yang dikerjakan Kolam Bali yakni Alternative Beach Canggu. Resort ini mempercayakan pengerjaan kolam renang dengan konsep kolam renang menyerupai pantai menggunakan material white pebble dash texture seamless.

"Kita saat itu dipercaya sama owner-nya kebetulan berkebangsaan luar, kita bikin kolam renang dengan material serba putih, jadi konsepnya putih semua. Kolam renang menyerupai pantai, kebetulan resort itu dipakai untuk belajar surfing," paparnya.



Selain Bali, Kolam Bali juga kerap menggarap proyek di luar pulau. Dari beberapa daerah yang pernah mereka kerjakan antara lain Lombok, Labuan Bajo, Sumba, Sumbawa, Makassar, Sidoarjo, Surabaya, Kediri dan Pare. Meski mengerjakan proyek di luar Bali, Tommy tetap memanfaatkan material alam di daerah yang sedang dikerjakan.

Sementara. untuk masalah desain kolam renang, Kolam Bali selalu membantu mengarahkan untuk mendapatkan hasil yang sesuai keinginan. "Kebetulan karena saya arsitek, jadi desainnya betul-betul saya matengin. Apa yang diminta sama klien kita tampung, kita diskusikan soal desain, diskusi juga dengan klien material apa yang mau dipakai. Pengerjaan desain selama satu sampai dua hari kita udah kelar, udah bisa show of ke owner-nya," terang Tommy.

Baca juga: Rehat Sejenak Temani Jam-jam Galau dan Sesi Overthinking

Kolam Bali pun tidak keberatan dengan tawaran desain di luar konsep tropical, mereka akan menyesuaikan dengan konsep bangunan. Bahkan bila jasanya batal digunakan pelanggan, maka desain yang sudah didiskusikan digratiskan. "Banyak konsep-konsep dan proyek kolam renang yang telah kami kerjakan, semuanya bisa dilihat di laman kami kolambali.com," tutup Tommy.
(nug)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top