Ramadhan Momen Tepat buat Orang Tua Ajari Anak tentang Kebaikan

loading...
Ramadhan Momen Tepat buat Orang Tua Ajari Anak tentang Kebaikan
Selain menjalankan ibadah, bulan Ramadhan bisa menjadi momen kebaikan lainnya terutama bagi para orang tua yang mulai mengajari anak berpuasa. / Foto: ilustrasi/The Muslim Vibe
JAKARTA - Selain menjalankan ibadah, bulan Ramadhan bisa menjadi momen kebaikan lainnya terutama bagi para orang tua yang mulai mengajari anak berpuasa.

Baca juga: Gandeng Bunga Citra Lestari, NOAH Rilis Mencari Cinta

Dokter Spesialis Anak, Dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A, menyampaikan bahwa keluarga merupakan salah satu dari trisentra pendidikan sebagai tempat pendidikan yang pertama dan utama.

"Orang tua dapat memanfaatkan momen Ramadan di masa pandemi ini untuk mengajarkan kebaikan pada anak agar dapat menyebarkan aksi kebaikan ke lingkungan sekitar," ucap dr Mesty dalam peluncuran program BACA dan webinar Dukung Anak Hebat Berliterasi dengan Asupan Gizi Seimbang dan Pola Asuh Orang Tua yang Baik, Jumat (23/4).

Untuk itu, selain mendukung tubuh yang sehat, mereka juga perlu dibekali kemampuan berpikir dan keseimbangan emosi. "Ketiganya bisa diberikan melalui dorongan dari dalam berupa pemberian nutrisi dan stimulasi yang tepat, yang disesuaikan dengan tahapan tumbuh kembang anak, salah satunya melalui membaca," ungkap dr Mesty.



Dia menjelaskan pencernaan, otak, dan emosi anak memiliki hubungan yang sangat erat dalam membantu anak untuk tumbuh sehat dan bahagia. Oleh karena itu, orang tua perlu memastikan anak mendapatkan nutrisi yang tepat dan pencernaan yang sehat.

"Saluran pencernaan yang sehat juga berperan dalam keseharian anak. Asupan gizi seimbang dari makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, serta minum yang cukup juga sangat penting. Pastikan si Kecil minum sesuai dengan kebutuhan per usia dan berat badannya untuk mencukupi kebutuhan hidrasinya dan menjaga daya konsentrasi. Orang tua juga perlu memperhatikan kebutuhan fisik anak. Pastikan waktu tidur dan aktivitas fisik anak yang cukup," papar dr. Mesty.

Sementara itu, dalam rangka Hari Buku Sedunia dan mendukung Gerakan Literasi Nasional, Danone Indonesia mengajak para orang tua untuk meningkatkan kesadaran dalam keluarga mengenai pentingnya gizi seimbang dan gerakan literasi sejak dini. Hal ini dilakukan untuk membantu mewujudkan anak hebat berliterasi, sehat dan berdaya saing global.

Danone Indonesia bekerja sama dengan Tentang Anak --sebuah wadah edukasi dan informasi tentang kesehatan dan tumbuh kembang- meluncurkan program BACA, sebuah program ajakan untuk mencintai kegiatan membaca dan belajar kebaikan kepada anak-anak melalui sumbangan buku bacaan.

Baca juga: 5 Gaya Kasual Miha Nika, Cantik Banget



"Kami yakin bahwa untuk mendukung anak hebat berliterasi, kita perlu menanamkan kecintaan terhadap literasi membaca pada anak sejak dini. Kami mengajak para orang tua agar membiasakan anak membaca dan berbuat kebaikan dengan memanfaatkan momen Ramadan," terang Corporate Communications Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin.
(nug)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top