Beri Banyak Manfaat Positif, Cobalah Tidur dengan Kondisi Gelap

Minggu, 25 April 2021 - 02:34 WIB
loading...
Beri Banyak Manfaat Positif, Cobalah Tidur dengan Kondisi Gelap
Beberapa orang lebih suka tidur dalam gelap, dan sebagian lainnya tidak bisa menutup mata jika lampu kamar tidak menyala. / Foto: ilustrasi/Healthy Burnett
A A A
JAKARTA - Beberapa orang lebih suka tidur dalam gelap, dan beberapa tidak bisa menutup mata jika mereka tidak memiliki lampu di samping tempat tidur atau lampu kamar yang menyala.

Baca juga: Ini Ciri-ciri Malam Lailatul Qadar Menurut Ustadz Soleh Sofyan

Tertidur dengan cahaya yang redup mungkin tampak menenangkan. Namun sebenarnya, lampu yang tampaknya tidak berbahaya ini dapat mengurangi kualitas tidur anda. Menukil laman manifatturafalomo, berikut sejumlah manfaat tidur dalam lampu gelap.

1. Membuat lebih mudah tidur

Saat Anda bersiap untuk tidur, matikan semua lampu atau nyalakan lampu samping tempat tidur yang redup. Kegelapan meningkatkan relaksasi dan merangsang produksi melatonin, hormon yang membantu kita lebih mudah tidur nyenyak.

2. Menghilangkan depresi

Menurut penelitian yang dilakukan di Rumah Sakit Universitas Negeri Ohio, tidur di dekat sumber cahaya mengganggu ritme sirkadian. Dengan kata lain, tubuh kita tidak tahu jam berapa untuk pergi tidur, dan ritme tubuh kita terdistorsi, menyebabkan ketidakseimbangan mental, dan kemungkinan konsekuensi risiko menderita depresi.

3. Membuat Anda lebih segar bugar

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tidur dengan lampu menyala dapat meningkatkan berat badan hingga 50%, yang tentunya kurang baik untuk kesehatan anda. Ini terjadi karena cahaya mengubah ritme biologis tubuh dan parameter metabolisme.

4. Memberikan istirahat yang cukup untuk mata
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1889 seconds (0.1#10.140)