Kenali Beberapa Gejala Sinusitis dan Cegah Melalui Mosehat

loading...
Kenali Beberapa Gejala Sinusitis dan Cegah Melalui Mosehat
Penyakit sinusitis disebabkan oleh infeksi dan pembengkakan pada sinus atau rongga wajah. / Foto: ilustrasi/ist
JAKARTA - Tidak sedikit penderita sinusitis mengabaikan masalah penyakitnya. Mereka berpikir penyakit sinusitis bila kambuh akan cepat mereda hanya dengan istirahat saja.

Baca juga: Buka Puasa dengan Kothokan Pindang, Gurih, Hangat dan Pedas Menggugah Selera

Padahal, sinusitis bisa mengakibatkan komplikasi infeksi tulang bila tak kunjung ditangani. Dalam kasus yang serius, sinusitis dapat menyebabkan infeksi dan menyebar ke daerah sekitar mata, tulang, darah hingga otak.

Penyakit sinusitis tak hanya menyerang orang dewasa saja, tetapi juga anak-anak. Penyakit sinusitis disebabkan oleh infeksi dan pembengkakan pada sinus atau rongga wajah.



Seseorang yang memiliki alergi atau penyakit asma biasanya berisiko terkena penyakit sinusitis. Maka, sebaiknya kenali dahulu gejala sinusitis sebelum menjadi semakin parah.

1. Nyeri pada Sinus

Melansir dari alodokter.com, sinus sendiri merupakan rongga kecil yang saling terhubung melalui saluran udara di dalam tulang tengkorang, letaknya di bagian belakang tulang dahi, bagian dalam struktur tulang pipi, kedua sisi batang hidung dan belakang mata. Sinus menghasilkan lendir yang berfungsi menyaring dan membersihkan bakteri atau partikel lain dalam udara yang dihirup.

Bila mengalami nyeri pada sinus dan bagian mata, dahi, rahang atas dan gigi bisa jadi itu karena sinusitis. Hal itu disebabkan oleh infeksi pada sinus yang mengakibatkan peradangan dan bengkak.

2. Hidung Berlendir
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top