Kenali Jenis Penyakit Liver yang Menular, Cegah dengan Mosehat

Rabu, 21 April 2021 - 05:05 WIB
loading...
Kenali Jenis Penyakit Liver yang Menular, Cegah dengan Mosehat
Liver yang bermasalah tidak akan memenuhi kebutuhan tubuh dengan baik. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Penyakit liver atau penyakit hati disebabkan oleh beberapa faktor yang dapat merusak fungsi hati. Pola hidup yang kurang sehat menjadi salah satu penyebab penyakit liver.

Baca juga: Tips Mempercantik Rumah dengan Tanaman Tanpa Repot

Selain itu, virus yang menginfeksi hati, kelainan sistem kekebalan tubuh dan faktor genetika. Liver yang bermasalah tidak akan memenuhi kebutuhan tubuh dengan baik.

Menukil Hello Sehat, liver memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh, yakni bertugas mencerna makanan, mengolah energi bagi tubuh hingga menyaring zat beracun dalam darah. Bisa dikatakan bila liver memiliki tugas yang sangat fatal untuk tubuh.

Penyakit liver terbagi menjadi beberapa jenis, tergantung faktor penyebabnya. Melansir dari hellosehat.com, meski terbagi dalam beberapa jenis, proses kerusakan hati berkembang dengan cara yang sama. Mulai dari peradangan, pembentukan jaringan parut, sirosis, hingga gagal fungsi hati.

Penyakit liver juga bisa menular dan tidak menular, tergantung faktor penyebabnya. Ada dua jenis penyakit liver dari faktor keturunan yang paling umum, yakni hemokromatosis dan alpha 1 antitrypsin.

Penyakit liver yang disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat seperti minum-minuman beralkohol menyebabkan perlemakan hati. Dua jenis penyakit liver yakni karena faktor keturunan dan gaya hidup tidak sehat, tidak akan menular.

Berbeda dengan jenis penyakit liver yang disebabkan oleh hepatitis virus, jenis ini menular karena sifatnya infeksi virus. Ada lima jenis hepatitis, yakni hepatitis A, B, C, D dan E.

Hepatitis A biasanya menyebar lewat kontak dengan makanan atau air terkontaminasi. Hepatitis B (akut maupun kronis), menyebar melalui cairan tubuh seperti darah dan air mani. Hepatitis C (akut maupun kronis) kerap menyebar melalui kontak dengan darah dari seseorang yang menderita penyakit ini.

Sementara hepatitis D (akut maupun kronis) merupakan bentuk serius dari orang dengan hepatitis B yang berkembang dan biasanya tidak dapat tertular sendiri. Terakhir hepatitis E, umumnya disebabkan karena mengonsumsi air yang terkontaminasi virus penyebab penyakit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4536 seconds (0.1#10.140)