alexametrics

Sederet Artis dan Seniman Meriahkan Kegiatan #PuisiDirumahAja

loading...
Sederet Artis dan Seniman Meriahkan Kegiatan #PuisiDirumahAja
Pertunjukan #PuisiDirumahAja dipandu Sita Nursanti dan ditemani oleh Bentara Bumi, Founder Malam Puisi Indonesia, serta Putri Minangsari, Co-Founder Unmasked-Poetry Open Mic. Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Beberapa aktris film dan teater belum lama ini berpartisipasi dalam kegiatan #PuisiDirumahAja yang digelar secara daring di saluran YouTube Indonesia Kaya.

Kegiatan sastra itu merupakan bagian dari kompetisi online #PuisiDiRumahAja yang digelar Galeri Indonesia Kaya. Setelah kompetisi berakhir, event tersebut berlanjut dengan pertunjukan online yang menghadirkan sederet penulis puisi terpilih untuk membacakan karya mereka. Pertunjukan berdurasi sekitar 120 menit ini menampilkan 21 karya puisi terpilih dari total 182 peserta kompetisi.

"Melihat antusiasme yang tinggi dari para pecinta puisi, semoga kegiatan ini dapat menghibur dan menginspirasi para penikmat seni yang sedang di rumah untuk menuangkan dan mengasah kreativitas dalam menuliskan karya-karya sastra, terutama puisi," kata Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, melalui rilis yang diterima SINDOnews, Jumat (22/5). (Baca Juga: Galeri Indonesia Kaya Hadirkan #PuisiDiRumahAja)

Kemeriahan pertunjukan sastra puisi dibuka oleh lantunan suara vokalis Deredia, Louise Monique. Pertunjukan tersebut dipandu Sita Nursanti dan ditemani oleh Bentara Bumi, Founder Malam Puisi Indonesia, serta Putri Minangsari, Co-Founder Unmasked-Poetry Open Mic.

Seluruh peserta terpilih berasal dari berbagai daerah dan latar belakang profesi, mulai petani di Tumenggung, guru di Karang Anyar, pedagang di Bali, mahasiswa di Blitar, ASN di Jakarta, dokter di Manado, hingga editor di Singapura. Para peserta itu menggambarkan pergolakan emosi, kepasrahan, dan berbagai sudut pandang mereka dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Salah satu karya yang cukup menggelitik ialah puisi berjudul "Manusia-Manusia di Balik Jendela" ciptaan Theresia alias Rere. Rere berprofesi sebagai ASN di Jakarta yang kini berstatus sebagai anak kos. Dalam akun Instagramnya @whenscarves, ia menyebut puisi tersebut ditulis pada 14 Mei 2020.

“Kegiatan #PuisiDiRumahAja menjadi wadah bagi para pecinta sastra yang gemar menulis serta membaca puisi untuk sama-sama berbagi hasil karya yang telah mereka ciptakan. "Kegiatan ini juga menjadi alternatif bagi para penikmat puisi di mana saja untuk bertemu secara virtual dan bersama-sama membacakan karya mereka. Semoga puisi-puisi yang dihadirkan hari ini dapat menenangkan hati dan diterima dengan baik oleh para pecinta puisi yang sedang berada di rumah,” kata Putri Minangsari. (Baca Juga: Bakti Budaya Djarum Hadirkan Pengalaman Menonton Teater di Rumah)

Bintang film Putri Ayudya tampil sebagai bintang tamu dan ikut membacakan puisi karangannya yang berjudul "Otak Atik". Selain Putri, tampil pula aktris film kawakan Ratna Riantiarno dan Sari Madjid. Mereka mewakili komunitas Perempuan dan Puisi yang diprakarsai Sari Madjid, Daisy Lantang, dan Untari dari Teater Koma. Ratna dan Sari membacakan puisi berjudul "Dari Balik Jendela".
(tsa)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak