Begini Jawaban Satgas Covid-19 Soal Tak Perlunya Masker buat Orang yang Sudah Divaksin

loading...
Begini Jawaban Satgas Covid-19 Soal Tak Perlunya Masker buat Orang yang Sudah Divaksin
Kebijakan vaksinasi adalah salah satu dari tiga lapis utama perlindungan masyarakat agar tidak tertular Covid-19. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOnews
JAKARTA - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit ( CDC ) merilis pernyataan terbaru yang menjelaskan bahwa masyarakat yang telah divaksinasi Covid-19 secara lengkap, bebas beraktivitas tanpa menggunakan masker. Alhasil pernyataan tersebut menyebabkan pro dan kontra di tengah masyarakat.

Baca juga: CDC Sebut Orang yang Sudah Divaksinasi Tak Perlu Pakai Masker

Menjawab hal tersebut, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 , Prof. Wiku Adisasmito mengatakan bahwa kebijakan vaksinasi adalah salah satu dari tiga lapis utama perlindungan masyarakat agar tidak tertular Covid-19.

"Pertama adalah 3M (mencuci tangan pakai sabun, mengenakan masker, menjaga jarak), kedua adalah 3T (testing, tracing, treatment) dan yang ketiga adalah vaksinasi," terang Prof. Wiku, saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Jumat (14/5).



Menurutnya, selama pandemi belum berakhir dan belum cukupnya bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa vaksinasi tersebut menimbulkan cukup individual immunity dan herd immunity, maka penggunaan masker tetap harus diterapkan di masyarakat.

Baca juga: Benarkah Orang yang Sudah Divaksin Tak Perlu Pakai Masker? Ini Penjelasan Epidemiolog

"Melaksanakan tiga lapis perlindungan itu secara bersamaan adalah untuk melindungi kesehatan dan keselamatan masyarakat agar bisa produktif dan aman dari Covid-19," tuntasnya.
(nug)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top