Catat! Ini Waktu Berjemur yang Tepat Menurut Dokter

Sabtu, 05 Juni 2021 - 11:30 WIB
loading...
Catat! Ini Waktu Berjemur yang Tepat Menurut Dokter
Catat! Ini Waktu Berjemur yang Tepat Menurut Dokter. Foto/Hivisasa.
A A A
JAKARTA - Berjemur dipercaya dapat menjaga imunitas tubuh sehingga terhindar dari Covid-19 . Dokter Ortopedi, dr. Henry Suhendra, SpOT, menjelaskan waktu yang tepat untuk berjemur.

Saat ini fenomena berjemur telah terbagi menjadi dua kubu. Beberapa orang berjemur pada pagi hari sekira pukul 07.00-09.00 dan sore sekira pukul 16.00, sementara kubu selanjutnya adalah berjemur pada siang hari yaitu pukul 12.00 siang.

“Nah kita bicarakan masing-masing ya. Kubu pagi yang mulai pukul 07.00-09.00 pagi dan sore hari mengandung ultraviolet A, dan hampir tidak ada ultraviolet B. Ultraviolet A itu tidak membentuk vitamin D,” terang dr. Henry dalam salah satu unggahan videonya dikutip Sabtu (5/6).



Alhasil masyarakat cenderung tidak menyadari saat terpapar sinar ultraviolet A yang cenderung tidak terlalu panas tersebut dalam jumlah banyak. Akibatnya bisa menyebabkan berbagai macam masalah kulit seperti keriput, bintik di kulit, dan juga penuaan kulit lain, yang bisa menyebabkan kanker kulit.

“Kalau yang siang, jam terbaik adalah pukul 12.00 karena itu adalah puncak ultraviolet B yang menghasilkan vitamin D. kalau mau ditawar boleh, mulai dari jam 10.00 sampai jam 14.00. Yang terbaik saat Anda jemur untuk tahu ultraviolet B Anda maksimal adalah tidak ada bayangan pada saat berjemur,” sambungnya.

Meski demikian, masyarakat yang ingin berjemur pada pukul 10.00 atau pukul 14.00 masih diperbolehkan. Sebab kalaupun harus ada bayangan, bayangan itu harus lebih pendek dari tinggi badan seseorang. Bayangan tersebut bisa menjadi indikator bahwa berjemur tersebut masih membentuk vitamin D .

Baca Juga : Tekan Kasus Malnutrisi, Asupan Gizi Harus Dijaga Sejak Dini
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2365 seconds (0.1#10.140)