Ini 12 Bahan Makanan yang Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Minggu, 06 Juni 2021 - 18:38 WIB
loading...
Ini 12 Bahan Makanan yang Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi
Foto/The Pink Fork
A A A
JAKARTA - Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit berbahaya. Hipertensi telah menjadi penyakit gaya hidup yang dapat menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan.

Maka, jangan abaikan penyakit ini dan segeralah periksa kesehatan Anda. Mengabaikan kondisi ini dapat menyebabkan masalah besar, antara lain memicu serangan jantung dan stroke.

Baca Juga: Masih Tertinggal, China Berupaya Keras Kembangkan Vaksin Covid-19

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjalani pola makan dan gaya hidup yang sehat agar terhindar dari tekanan darah tinggi. Melansir laman Times of India, Minggu (6/6), berikut 12 makanan sehat yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

1. Pisang

Mengonsumsi pisang adalah pilihan yang bagus untuk menjaga tekanan darah Anda tetap stabil. Hal ini dikarenakan pisang mengandung potasium, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Zat ini juga bisa mengurangi risiko stroke dan membantu pembuluh darah rileks serta membuat dinding arteri berfungsi secara efiktif.

2. Gandum

Biji-bijian dalam gandum utuh memiliki beberapa manfaat kesehatan. Menambahkan gandum dan sereal dalam sarapan pagi hari akan membantu Anda tetap aktif sepanjang hari dan membuat kenyang lebih lama. Bahan pangan ini juga menjaga tekanan darah Anda tetap terkendali.

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau kaya akan zat besi, serat magnesium, dan folat. Sayuran seperti bayam adalah makanan yang bergizi. Manfaat yang terkandung dalam bayam bisa membantu menurunkan tekanan darah. Hal itu akan membuat jantung Anda tetap sehat untuk memompa darah ke seluruh tubuh.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1457 seconds (10.101#12.26)