Manfaat Kayu Manis, Turunkan Tekanan Darah Salah Satunya

Sabtu, 12 Juni 2021 - 09:18 WIB
loading...
Manfaat Kayu Manis, Turunkan Tekanan Darah Salah Satunya
Selain Bumbu Masak, Ini 6 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan. Foto/BBC.
A A A
JAKARTA - Selain digunakan sebagai bumbu masak, kue atau minuman, kayu manis juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan . Rempah yang satu ini telah digunakan di seluruh dunia sebagai obat. Manfaat kayu manis untuk kesehatan terbilang beragam.

Kayu manis berasal dari kulit bagian dalam pohon cemara kecil. Kulit kemudian dikupas dan diletakkan di bawah sinar matahari hingga kering sehingga menggulung menjadi gulungan yang dikenal sebagai batang kayu manis.

Lalu apa saja manfaat kayu manis untuk kesehatan? Dilansir dari BBC, Sabtu (12/6), berikut ulasannya.

1. Memiliki sifat anti-virus, anti-bakteri dan anti-jamur

Kayu manis dianggap memiliki banyak khasiat obat dan menenangkan sehingga sering digunakan dalam pengobatan herbal China. Aroma dan rasa khas kayu manis berasal dari minyak esensial yang terkandung dalam kulit kayu yang disebut cinnamaldehyde. Cinnamaldehyde menampilkan sifat anti-virus, anti-bakteri dan anti-jamur.


2. Mengandung antioksidan dengan efek anti inflamasi

Kayu manis juga mengandung sejumlah antioksidan polifenol. Antioksidan dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit. Kebanyakan senyawa ini ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, bumbu dan rempah-rempah. Antioksidan dalam kayu manis telah ditemukan memiliki efek anti-inflamasi.

3. Sifat prebiotiknya dapat meningkatkan kesehatan usus

Beberapa rempah-rempah, termasuk kayu manis, memiliki sifat prebiotik yang mendorong pertumbuhan bakteri menguntungkan dan membantu menekan pertumbuhan bakteri patogen. Karena itu, memasukkan rempah-rempah secara teratur ke dalam makanan dapat membantu meningkatkan kesehatan usus. Kayu manis juga merupakan sumber mangan yang berguna dan mengandung sejumlah kecil kalsium dan serat.


4. Menurunkan tekanan darah
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2186 seconds (0.1#10.140)