Urine Bau Tak Sedap Tanda Penyakit Berbahaya, Diabetes Salah Satunya

Rabu, 16 Juni 2021 - 14:46 WIB
loading...
A A A
Tapi pada infeksi vagina juga terasa sakit saat berhubungan seks. Bau amis juga memburuk setelah berhubungan seks. Gejala lain termasuk gatal pada vagina atau vulva, atau keluarnya cairan kental dan seperti susu.

3. Diabetes

Akan tercium bau manis seperti buah yang terlalu matang pada urine jika Anda menderia diabetes . Ini karena tubuh berusaha membuang kelebihan gula darah dan membuangnya lewat urine yang membuatnya berbau manis.

Waspadai tanda-tanda lain, termasuk sering buang air kecil terutama di malam hari, rasa haus yang intens, kelelahan, penyembuhan luka yang lambat, penglihatan kabur atau tekanan darah tinggi.


4. Fenylketonuria

Fenilketonuria atau PKU menyebabkan penurunan metabolisme asam amino fenilalanin, yang berada di balik bau urine. Kondisi langka ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius karena penumpukan asam amino, yang berasal dari makan protein dan aspartam (pemanis buatan), sehingga dapat menyebabkan masalah neurologis.

Bau urine jika menderita penyakit ini adalah seperti kaus kaki lawas atau bau kayu busuk. Faktanya, manusia yang lahir dengan kondisi genetik ini juga akan merasakan bau apek dan berjamur pada napas dan kulit mereka. Gejala lain termasuk penurunan pigmentasi kulit, cacat intelektual, atau keterampilan sosial yang berkembang lambat.

5. Penyakit urine sirup maple

Jika bayi mengeluarkan urine yang menyerupai sirup maple, para orang tua harus waspada dan segera membawanya ke dokter. Sebab, jika tak langsung ditangani dapat menyebabkan kerusakan otak dan kematian.

Bau urine yang manis dipicu oleh ketidakmampuan tubuh untuk memecah asam amino leusin, isoleusin, dan valin. Seperti fenilketonuria, penyakit langka ini dapat menyebabkan masalah otak jika kadar asam amino tidak terkontrol.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1954 seconds (0.1#10.140)