Urine Bau Tak Sedap Tanda Penyakit Berbahaya, Diabetes Salah Satunya

Rabu, 16 Juni 2021 - 14:46 WIB
loading...
Urine Bau Tak Sedap Tanda Penyakit Berbahaya, Diabetes Salah Satunya
Urine Bau Tak Sedap Tanda Penyakit Berbahaya, Diabetes Salah Satunya. Foto/Everyday Health.
A A A
JAKARTA - Urine berbau tak sedap bisa menandakan adanya penyakit berbahaya yang harus diwaspadai. Namun, beberapa orang berpikir, bau tak sedap datang dari makanan yang dikonsumsi.

Padahal, tidak hanya makanan yang bisa menyebabkan urine bau. Beberapa penyakit juga dapat menjadi pemicunya. Urine sendiri adalah limbah cair tubuh hasil eksresi ginjal yang menyaring racun dari darah.

Urine mengandung air, garam, urea, dan asam urat. Urea dikeluarkan dalam bentuk keringat melalui tubuh, sedangkan asam urat merupakan hasil metabolisme urine.

Biasanya bau urine tidak terlalu tajam. Jika sampai berbau amonia, itu biasa terjadi dan sebagian besar tidak berbahaya. Namun, ada kalanya urine berbau menandakan adanya masalah kesehatan.

Dilansir dari Channel News Asia, Rabu (16/6), berikut adalah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan urine berbau tak sedap.


1. Infeksi saluran kemih

Jika Anda mengalami penyakit ini, urine akan berbau amis. Bau aneh bisa menunjukkan infeksi saluran kemih atau ISK yang dapat terjadi pada pria dan wanita, terutama jika infeksi tersebut disebabkan oleh bakteri, aerococcus urinae.

Bis jadi ada gejala lain selain bau urine yang tidak sedap, termasuk sensasi terbakar saat buang air kecil, urine keruh atau berdarah, kebutuhan untuk buang air kecil segera atau sering, sakit perut bagian bawah atau punggung dan demam ringan.

2. Infeksi vagina

Sama seperti ISK, jika mengalami infeksi vagina, urine akan berbau amis. Saat mengalami infeksi vagina, juga akan membuat daerah bawah Anda terasa seperti terbakar saat buang air kecil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1917 seconds (0.1#10.140)