Pasien Diabetes Tipe 2 Waspada, 5 Buah Ini Tingkatkan Gula Darah

Rabu, 16 Juni 2021 - 16:22 WIB
loading...
Pasien Diabetes Tipe...
Pasien Diabetes Tipe 2 Waspada, 5 Buah Ini Tingkatkan Gula Darah. Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Diabetes tipe 2 adalah kondisi kronis di mana kadar gula darah terus berfluktuasi. Mengonsumsi buah memberikan segudang manfaat kesehatan , tetapi jenis tertentu dapat meningkatkan kadar gula darah .

Makanan yang dipecah perlahan menjadi gula darah memiliki dampak kecil pada kadar gula darah. Namun, makanan yang dipecah dengan cepat dapat menyebabkan lonjakan gula darah.

Meskipun makan buah memberi tubuh vitamin dan mineral penting, jenis buah tertentu dapat menyebabkan kadar gula darah melonjak karena cepat dipecah oleh tubuh. Jenis buah ini berperingkat tinggi pada indeks glikemik (GI).

Baca Juga : Jarang Diketahui, Ini Gejala Diabetes Tipe 2 pada Kaki

Dilansir dari Express, Rabu (16/6) GI adalah sistem penilaian untuk makanan yang mengandung karbohidrat. Ini menunjukkan seberapa cepat setiap makanan mempengaruhi kadar gula darah (glukosa) ketika makanan itu dimakan.

"Kuncinya adalah mengonsumsi buah dalam jumlah sedang, karena penting untuk memastikan Anda tidak memetabolisme terlalu banyak gram karbohidrat melalui konsumsi buah," kata CuraLife.

Adapun buah-buahan dengan GI tinggi antara lain semangka, labu, nanas, jus buah dan buah kering. Sementara itu, buah terbaik untuk dimakan penderita diabetes adalah yang memiliki GI rendah.

Baca Juga : Rasa Aneh di Mulut Tanda Gula Darah Tinggi, Waspada!

Seperti halnya blackberry, jeruk, stroberi, alpukat, ceri asam, plum, jeruk bali, buah pir, apel, nektarin, persik, pisang dan bluberi.
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Dokter Ungkap Bahaya...
Dokter Ungkap Bahaya Sering Melewatkan Sarapan, Risiko Diabetes Bisa Meningkat
Kebiasaan Duduk Lama...
Kebiasaan Duduk Lama Bisa Sebabkan Diabetes, Ini Penjelasan Dokter!
Jelang Iduladha, Aldi...
Jelang Iduladha, Aldi Taher Serukan Makan Daging Tanpa Takut Kolesterol
Jangan Tunggu Keluhan,...
Jangan Tunggu Keluhan, Pemeriksaan Mata Anak Perlu Dilakukan Sejak Dini
5 Manfaat Kopi yang...
5 Manfaat Kopi yang Jarang Diketahui, Bikin Panjang Umur hingga Cegah Penyakit Kronis
Penderita Diabetes Sebaiknya...
Penderita Diabetes Sebaiknya Hindari Konsumsi Semangka, Ini Alasannya!
Transformasi Rejuve...
Transformasi Rejuve Dorong Kebiasaan Hidup Sehat
Perjuangkan Nasib Dokter...
Perjuangkan Nasib Dokter Muda, PDMI Minta Pemerintah Buka Kembali Akses Ujian Kompetensi
Peneliti Universitas...
Peneliti Universitas Jember Buktikan Tanaman Liar Kalimantan Efektif Turunkan Gula Darah
Rekomendasi
Penyaluran Pindar Tembus...
Penyaluran Pindar Tembus Rp1.388 Triliun, 40% Mengalir ke UMKM
KPK Sita Dokumen Pengadaan...
KPK Sita Dokumen Pengadaan saat Geledah Kantor dan Rumah Dinas Bupati Muara Enim
Amalan Sunnah 1 Muharram:...
Amalan Sunnah 1 Muharram: Puasa, Sedekah, Tobat hingga Silaturahim
Berita Terkini
Hadir di Jakarta Fair...
Hadir di Jakarta Fair 2026, KARA Rayakan Kekayaan Rasa Kelapa Lintas Generasi
Wamenkes Dante Ingatkan...
Wamenkes Dante Ingatkan Ancaman Aging Population, Lansia Indonesia Capai 12 Persen
16 Seniman Kontemporer...
16 Seniman Kontemporer Indonesia Boyong Skena Seni Jakarta ke Jepang
Mitos atau Fakta Golongan...
Mitos atau Fakta Golongan Darah O Rentan Kolesterol Tinggi? Ini Penjelasan Pakar IPB
Pianis Dunia Rueibin...
Pianis Dunia Rueibin Chen Akan Tampil di Jakarta, Bawakan Mahakarya Brahms
Liburan ke Eropa Makin...
Liburan ke Eropa Makin Terjangkau, Ini Destinasi Favorit dan Tips Hemat untuk Pemula
Infografis
5 Bumbu Dapur yang Berkhasiat...
5 Bumbu Dapur yang Berkhasiat Menurunkan Gula Darah
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved