Rutin Dilakukan, Ini Berbagai Manfaat Positif yang Didapat dari Yoga

loading...
Rutin Dilakukan, Ini Berbagai Manfaat Positif yang Didapat dari Yoga
Yoga bahkan dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang termasuk lansia karena dapat mengurangi depresi. / Foto: ilustrasi/ist
JAKARTA - Hari Yoga Sedunia diperingati 21 Juni setiap tahunnya. Sebagaimana diketahui, setiap orang harus selalu aktif bergerak sejak dini hingga lanjut usia demi mendapatkan kesehatan secara menyeluruh.

Baca juga: Rentan Alami Psikososial, Pasien Vitiligo Perlu Dukungan Lingkungan Terdekat

Dengan aktif bergerak, sistem gerak tubuh seperti tulang, sendi, dan otot pun bisa berfungsi dengan baik sehingga akan menjadi investasi kesehatan di masa depan agar terhindar dari risiko penyakit tidak menular.

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Angelica Anggunadi, SpKO, mengatakan, yoga bisa menjadi salah satu aktivitas terbaik yang dapat dilakukan oleh setiap orang di berbagai usia. Sebab Yoga termasuk dalam olahraga low intensity dan bisa mengasah fokus serta meningkatkan kesehatan fisik serta mental apabila rutin dilakukan.



"Dari sisi kesehatan yoga bermanfaat dalam membuat otot menjadi lebih kuat dan meningkatkan fleksibilitas serta keseimbangan tubuh," terang dr. Angelica dalam siaran pers ‘Hari Yoga Sedunia’, Senin (21/6).

Menurut studi pada International Journal of Behavior Nutrition and Physical Activity 2019, yoga bahkan dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang termasuk lansia karena dapat mengurangi depresi seperti stres dan kecemasan, memperbaiki kualitas tidur, serta meningkatkan kebugaran dan mobilitas.

Baca juga: Film Nussa dan Paranoia Akan Diputar Perdana dalam BIFAN 2021

"Agar manfaat yoga bisa diterima oleh tubuh secara optimal, perlu persiapan yang baik termasuk mengetahui kondisi kesehatan masing-masing dan dukungan berbagai asupan nutrisi yang bisa mendukung kekuatan tulang, sendi, otot seperti kalsium, kolagen, vitamin C dan juga protein. Selain itu nutrisi tambahan lain seperti magnesium, zinc, dan kalium juga penting bagi lansia," jelasnya.
(nug)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top