Ini Langkah-Langkah Latihan Mandiri Pasien Covid-19 saat Isoman

Sabtu, 26 Juni 2021 - 09:30 WIB
loading...
Ini Langkah-Langkah Latihan Mandiri Pasien Covid-19 saat Isoman
Bukan hanya soal obat dan vitamin yang harus ada, tetapi pasien Covid-19 juga diminta melakukan beberapa terapi supaya semakin cepat pulih. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Menjalani isolasi mandiri saat terinfeksi Covid-19 memerlukan kedisiplinan dan juga kepatuhan. Bukan hanya soal obat dan vitamin yang harus ada, tetapi Anda juga diminta melakukan beberapa terapi supaya semakin cepat pulih.

Baca juga: Pandemi Bikin Stres, Begini Cara Atasi Masalah Mental dan Emosi

Belum lama ini RSUD dr Soetomo, Surabaya melalui Poliklinik Rehab Medik membagikan tips terapi isolasi mandiri supaya cepat pulih dari Covid-19. Video tersebut dibagikan akun Twitter @kurawa dan sebelumnya sudah ada juga yang membagikannya lewat YouTube.

So, seperti apa terapi tambahan bagi pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah? Berikut ulasannya:

1. Posisi Pasien yang Dianjurkan

Dijelaskan pertama di sana bahwa ada posisi yang dianjurkan bagi pasien Covid-19, yaitu tidur tengkurap, duduk 45-75 derajat, duduk di samping tempat tidur, dan berjalan. Posisi ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja paru.

"Hindari berbaring terlalu lama di tempat tidur. Lakukan mobilisasi sebanyak mungkin," informasi tambahan yang tertera di video.

2. Latihan Pernapasan

Kemudian, yang menjadi poin cukup penting adalah latihan pernapasan. Ya, pasien Covid-19 rerata mengalami kesulitan dalam bernapas, itu kenapa latihan ini amat sangat perlu dicatat.

Ada dua teknik latihan pernapasan yang dianjurkan RS Soetomo untuk pasien Covid-19,yakni Deep Slow Abdominal Breathing dan Chest Expansion Exercise. Berikut penjelasan detailnya:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1749 seconds (0.1#10.140)