Kutil di Telapak Kaki Indikasikan Gejala Diabetes Tipe 2

Sabtu, 26 Juni 2021 - 17:00 WIB
loading...
Kutil di Telapak Kaki Indikasikan Gejala Diabetes Tipe 2
Kutil di Telapak Kaki Indikasikan Gejala Diabetes Tipe 2. Foto/Diabetes UK.
A A A
JAKARTA - Kutil bisa menjadi gejala diabetes tipe 2 pada telapak kaki yang menunjukkan gula darah tinggi . Tanda diabetes tipe 2 pada awalnya mungkin tidak terlihat karena kondisi tersebut membutuhkan waktu untuk menimbulkan kerusakan pada tubuh. Tanda-tanda kerusakan pun bisa muncul di telapak kaki.

Penting untuk memeriksa kaki secara rutin karena dapat menjadi petunjuk kadar gula darah tinggi yang tidak diobati. Diabetes UK menjelaskan kerusakan saraf dan sirkulasi yang berkurang karena diabetes, dapat berarti berkurangnya kesadaran akan rasa sakit (neuropati) dan penyembuhan yang lebih lambat.

"Telapak kaki mungkin canggung bagi sebagian dari kita untuk memeriksanya, tetapi itu adalah bagian penting dari kaki kita sehingga perlu diperiksa setiap hari," saran badan kesehatan itu.


"Anda mungkin merasa terbantu dengan memasang cermin untuk membantu memeriksa telapak kaki Anda," sambungnya dilansir dari Express, Sabtu (26/6).

Saat memeriksa telapak kaki Anda, perhatikan tanda-tanda umum kerusakan dan perubahan juga kapalan, kutil plantar (veruka), ulkus kaki. Jika tidak diobati, kerusakan saraf di kaki dapat menyebabkan perkembangan charcot foot. Charcot foot adalah komplikasi dimana tulang di kaki menjadi cacat.

Karena kerusakan saraf, Anda akan dapat terus berjalan dengan kaki yang sakit tanpa menyadari adanya perubahan atau merasa sakit. Tapi saat Anda memberi tekanan pada kaki, tulang dan persendian bisa mulai berubah bentuk. Ini dapat mengubah bentuk seluruh kaki dan membahayakan persendian lainnya.


Selain secara teratur memeriksa kaki Anda untuk tanda-tanda kerusakan, menjaga kadar gula darah terkendali adalah kunci untuk mencegah risiko komplikasi kaki.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1354 seconds (0.1#10.140)