Bahaya Minum Dexamethasone Tanpa Resep Dokter, Ini Efeknya bagi Kesehatan

Senin, 28 Juni 2021 - 13:00 WIB
loading...
Bahaya Minum Dexamethasone Tanpa Resep Dokter, Ini Efeknya bagi Kesehatan
Foto Ilustrasi/Istimewa
A A A
JAKARTA - Salah satu terapi obat yang dapat menurunkan keparahan penyakit COVID-19 adalah mengonsumsi dexamethasone . Penelitian yang dilakukan di Oxford University membuktikan bahwa penggunaan dosis rendah dexamethasone dapat meningkatkan harapan hidup pasien COVID-19 yang membutuhkan bantuan pernapasan.

Studi tersebut menjelaskan lebih detail bahwa dexamethasone mengurangi jumlah kematian hingga sepertiga pada kelompok pasien COVID-19 yang menggunakan ventilator, dan seperlima pada kelompok pasien yang menggunakan selang oksigen.



"Sementara itu, tidak ditemukan manfaat penggunaan dexamethasone pada kelompok pasien COVID-19 yang tak membutuhkan bantuan pernapasan," lapor laman kesehatan resmi Medical News Today, seperti dikutip Senin (28/6).

Ada catatan penting yang disampaikan di laporan tersebut, bahwa pasien COVID-19 dilarang menggunakan obat dexamethasone tanpa anjuran dokter. Sebab, penggunaan dexamethasone yang tidak tepat guna malah akan menyebabkan masalah kesehatan di tubuh Anda.

Ada beberapa masalah yang bisa timbul jika menggunakan dexamethasone tanpa anjuran dokter. Berikut ulasannya.

1. Reaksi Alergi

Dexamethasone dapat menyebabkan reaksi alergi dalam kasus yang jarang terjadi. Jika Anda mengalami ruam, kesulitan bernapas, kulit gatal, atau melihat adanya pembengkakan pada lengan, kaki, atau lidah, maka segera cari pertolongan dokter.

2. Kerusakan Jantung

Jika Anda baru saja mengalami serangan jantung, Anda mungkin berisiko lebih tinggi mengalami kerusakan jantung akibat penggunaan dexamethasone.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2725 seconds (0.1#10.140)