Berbasis mRNA, Vaksin Moderna Disebut Efektif Melawan Varian Delta

Jum'at, 02 Juli 2021 - 18:10 WIB
loading...
Berbasis mRNA, Vaksin Moderna Disebut Efektif Melawan Varian Delta
Vaksin Moderna berbasis mRNA diklaim ampuh lawan varian Delta maupun beberapa varian Covid-19 lainnya seperti Beta, Eta, dan Kappa. / Foto: ilustrasi/healthline
A A A
JAKARTA - Vaksin Moderna berbasis mRNA diklaim ampuh lawan varian Delta maupun beberapa varian Covid-19 lainnya seperti Beta, Eta, dan Kappa. Hal ini berkaitan dengan efek penetralan yang terjadi pada semua varian Covid-19 yang diuji.

Baca juga: BPOM Sebut Vaksin Moderna Aman buat Orang dengan Komorbid

Meskipun sangat efektif melawan varian Delta , peneliti mengatakan bahwa persentasenya masih belum cukup baik dibandingkan dengan perlawanan vaksin Moderna terhadap Covid-19 generasi awal.

"Respons antibodi yang diciptakan vaksin Moderna terhadap varian Delta sekitar dua kali lebih lemah daripada melawan Covid-19 generasi awal," terang laporan yang dipublis di NPR, Jumat (2/7).

Dengan keluarnya hasil temuan tersebut, seperti menggemakan temuan lain bahwa vaksin berbasis mRNA seperti Moderna dan Pfizer sangat efektif melawan varian delta.

Sebuah studi yang diterbitkan bulan ini di Nature pun menemukan bahwa vaksin Pfizer mampu menetralkan varian Covid-19. termasuk delta, meskipun dengan kekuatan yang agak berkurang.

Data baru ini, dikatakan CEO Moderna, Stéphane Bancel mendorong dan memperkuat keyakinan timnya bahwa vaksin Moderna Covid-19 tetap memberikan protektif terhadap varian yang baru terdeteksi.

Baca juga: Sebelum Masuk ke Dalam Tubuh, Ketahui Dulu Efek Samping Vaksin Moderna Berikut Ini

Perusahaan juga mengatakan sedang mengembangkan kandidat vaksin booster, yang mana vaksin ini merupakan hasil pencampuran 50-50 dari vaksin Covid-19 yang saat ini dan vaksin mRNA yang telah dikembangkan.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2192 seconds (0.1#10.140)