Studi: Vaksin Berbasis mRNA Beri Perlindungan dari Covid-19 Lebih Lama

Jum'at, 02 Juli 2021 - 21:09 WIB
loading...
A A A
Selain itu, tidak semua orang menghasilkan respons imun kuat yang sama; beberapa orang, seperti mereka yang memiliki sistem kekebalan yang tertekan, kemungkinan akan membutuhkan suntikan penguat.

"Penelitian ini, seperti penelitian sebelumnya, menegaskan bahwa vaksin menimbulkan reaksi yang tepat dari sistem kekebalan dan kekebalan yang tahan lama sedang dibuat," kata Dr. Amesh Adalja, spesialis penyakit menular dan sarjana senior di Johns Hopkins. Pusat Keamanan Kesehatan di Baltimore.

Adalja, yang tidak terlibat dalam studi, setuju bahwa masih terlalu dini untuk membahas apakah kita akan membutuhkan suntikan booster.

"Jika sebagian besar dari orang yang divaksinasi lengkap tertular infeksi varian yang membuat mereka dirawat di rumah sakit, itu adalah ambang batas untuk harus dipergunakannya vaksinasi penguat," katanya kepada Live Science.

"Namun, ini adalah studi pertama yang memberikan bukti langsung bahwa respons pusat germinal tetap ada pada manusia setelah vaksinasi. Meskipun penulis tidak melihat orang yang telah menerima vaksin Moderna, mereka pikir tanggapannya kemungkinan akan serupa, karena itu juga merupakan vaksin mRNA yang menunjukkan kemanjuran yang sebanding," kata Ellebedy.

Tapi, penelitian lebih lanjut akan diperlukan untuk melihat durasi respon germinal-center dari vaksin Johnson & Johnson, karena menggunakan platform yang berbeda (bukan mRNA).

Sekarang, Ellebedy dan timnya berharap untuk terus memantau sel-sel ini untuk melihat apakah mereka bermigrasi dan menetap secara permanen di sumsum tulang.

Baca juga: BPOM Sebut Vaksin Moderna Aman buat Orang dengan Komorbid

Dengan kata lain, masih belum jelas apakah sel-sel kekebalan ini akan menjadi pasangan hidup kita, yang pada dasarnya membantu kita selama sisa hidup kita atau apakah kita pada akhirnya akan membutuhkan vaksin penguat untuk membuat beberapa pejuang yang lebih baik.
(nug)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2249 seconds (0.1#10.140)