Hindari Diabetes Tipe 2 dengan Menurunkan Berat Badan

Minggu, 04 Juli 2021 - 02:12 WIB
loading...
Hindari Diabetes Tipe 2 dengan Menurunkan Berat Badan
Tahukah Anda, bahwa menurunkan berat badan selain menyehat juga dapat membantu Anda mengelola diabetes tipe 2 loh. / Foto: ilustrasi/endocrineweb
A A A
JAKARTA - Aktivitas diet yang bertujuan untuk mencapai berat badan yang ideal merupakan langkah pertama dalam pola hidup yang sehat. Tapi tahukah Anda, bahwa menurunkan berat badan selain menyehat juga dapat membantu Anda mengelola diabetes tipe 2 loh.

Baca juga: 5 Aktris Ini Pernah Perankan Hantu dalam Film, Intip Wajah Cantik Mereka yang Berubah Seram

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, menurunkan berat badan dapat meningkatkan kontrol gula darah Anda dan menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan penumpukan plak di arteri.

Guna mengontrol kondisi, penurunan berat badan harus menjadi daftar prioritas bagi orang yang menderita diabetes tipe 2. Berikut menukil Times of India, mengenai penjelasan bagaimana menurunkan berat badan dapat membantu mengontrol diabetes.

1. Peningkatan resistensi insulin

Pada diabetes tipe 2, tubuh Anda tidak merespons insulin yang diproduksi oleh pankreas. Oleh karna itu, kadar glukosa darah Anda bisa naik. Penjelasan Ini disebut dengan resistensi insulin dan sering dikaitkan dengan kelebihan bobot badan.

Bila Anda melakukan diet dengan menurunkan berat badan dapat membuat tubuh Anda lebih sensitif terhadap insulin dan menurunkan resistensi insulin. Saat resistensi insulin turun, itu bagus untuk me-manage diabetes Anda supaya terkontrol dengan baik.

2. Hasil A1C yang lebih baik

A1C adalah tes untuk mengukur kadar gula darah rata-rata dari 2 hingga 3 bulan terakhir. Saat sensitivitas insulin meningkat dengan penurunan berat badan, Anda melihat hasil yang lebih baik dalam laporan A1C Anda yang Sesuai American Diabetes Association.

Itulah sebabnya mengapa melakukan perubahan pola gaya hidup melalui diet dan olahraga dengan rutin adalah cara terbaik untuk mengobati diabetes tipe 2.

3. Menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kadar kolesterol

Masalah jantung , diabetes, tekanan darah tinggi dan juga kolesterol adalah gangguan umum yang sering menyerang pada orang yang menderita diabetes tipe 2. Tekanan darah tinggi juga dapat menyumbat dinding arteri. Biasanya gangguan tersebut berawal dari obesitas. Obesitas dapat memengaruhi risiko kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Akan tetapi berbeda dengan Anda mencoba untuk terapkan diet untuk menurunkan berat badan. Hal itu dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan kolesterol. Dalam sebuah penelitian terhadap 401 orang, orang yang kelebihan berat badan dan kehilangan 5 hingga 10 persen dari berat badan mereka, kadar kolesterol total, trigliserida, dan kolesterol LDL mereka juga menurun secara signifikan.

4. Peningkatan energi dan mood yang lebih baik

Ketika seseorang menurunkan berat badan dan mengikuti rutinitas diet yang sehat, maka secara tidak langsung akan meningkatkan pula energi serta suasana hati. Sesuai Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, menurunkan berat badan dapat meningkatkan kepercayaan diri dan kesehatan mental. Ini disebabkan karena kondisi badan yang dirasakan lebih baik dan bugar dari sebelumnya. Sehingga hal ini memotivasi dan mendorong seseorang itu untuk lebih mengontrol diabetesnya.

5. Mengurangi risiko sleep apnea

Sleep apnea adalah gangguan tidur yang memuncukan pernapasan berhenti dan berlanjut berulang kali yang sifatnya abnormal saat tidur. Sekitar 71 persen orang yang menderita diabetes mengalami apnea tidur obstruktif. Biasanya penderita diabetes dan obesitas akan lebih besar resikonya mengalami sleep apnea.

Baca juga: Pandemi Covid-19 Bikin Para Orang Tua Frustrasi, Jangan Tumpahkan Emosi Pada Buah Hati!

Penelitian telah menemukan bahwa penurunan berat badan dapat meningkatkan sleep apnea dan meningkatkan kualitas tidur. Tidur nyenyak dapat membantu Anda mengontrol diabetes dengan lebih baik karena tidak cukup tidur menyebabkan peningkatan resistensi insulin.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1617 seconds (0.1#10.140)