Masyarakat Sudah Boleh Beli Vaksin COVID-19 Sendiri di Apotek, Begini Caranya

Minggu, 11 Juli 2021 - 10:30 WIB
loading...
Masyarakat Sudah Boleh Beli Vaksin COVID-19 Sendiri di Apotek, Begini Caranya
Foto Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mulai Senin (12/7) besok masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi secara mandiri bisa membeli vaksin di klinik Kimia Farma . Hal itu diberlakukan atas dasar hasil riset oleh sejumlah lembaga.

Hasil riset tersebut mencatat banyaknya permintaan dari kelompok masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi secara individu agar segera mendapatkan perlindungan kesehatan pribadi. Kimia Farma rencananya akan membuka klinik Vaksinasi Gotong Royong (VGR) sebagai bagian dari percepatan pembentukan kekebalan komunal (herd immunity) sehingga pemulihan perekonomian nasional dapat berjalan lebih cepat.



"Pelayanan vaksinasi individu oleh Kimia Farma Group merupakan upaya untuk mengakselerasi penerapan Vaksinasi Gotong Royong dalam membantu program vaksinasi Indonesia untuk mencapai herd immunity secepat-cepatnya," ujar Wakil Menteri BUMN Pahala N. Mansury dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (11/7).

Bagi masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi secara mandiri bisa melakukan pendaftaran melalui call centre Kimia Farma di nomor 1-500-255 atau melalui website www.kimiafarmaapotek.co.id. Pendaftar kemudian bakal diarahkan untuk melakukan langkah selanjutnya melalui koneksi WhatsApp.

Adapun delapan Klinik Kimia Farma yang akan menjual vaksin di tahap awal yaitu:

- Jakarta KF Senen, kapasitas 200 orang per hari.
- Jakarta KF Pulogadung, kapasitas 200 orang per hari.
- Jakarta KF Blok M, kapasitas 100-200 orang per hari.
- Bandung KF Supratman (Drive Thru), kapasitas 200 orang per hari.
- Semarang KF Citarum, kapasitas 100 orang per hari.
- Solo KF Sukoharjo, kapasitas 500 orang per hari.
- Surabaya KF Sedati, kapasitas 200 orang per hari.
- Bali KF Batubulan, kapasitas 100 orang per hari.



Harga vaksin COVID-19 yang dijual Kimia Farma ditetapkan sebesar Rp321.660 per dosis dan tarif maksimal pelayanan vaksinasi sebesar Rp117.910 per dosis.

Artinya untuk sekali vaksinasi, masyarakat harus merogoh kocek sebanyak Rp439.570. Dengan demikian, untuk dua kali vaksinasi, seseorang bakal menghabiskan uang sebanyak Rp879.140.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1860 seconds (0.1#10.140)