Pasar SAKTI Wadahi Para Pelaku UKM dari Kuliner hingga Fashion

Sabtu, 17 Juli 2021 - 18:34 WIB
loading...
Pasar SAKTI Wadahi Para Pelaku UKM dari Kuliner hingga Fashion
Pasar SAKTI merupakan virtual festival dan job fair berkonsep animasi 3D yang menyuguhkan rangkaian kegiatan selama 7 hari. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Mendorong pengembangan bisnis para pelaku UMKM, PT Infra Solusi Indonesia (I-Solution), anak perusahaan PT Link Net Tbk melalui First Academy akan menggelar Pasar SAKTI (Shop and Share Awesome Knowledge – Things and Inspiration). Pasar SAKTI merupakan virtual festival dan job fair berkonsep animasi 3D yang menyuguhkan rangkaian kegiatan selama 7 hari pada 26 Juli-1 Agustus 2021.

Baca juga: Diabetes Tipe 2, 3 Sensasi Gula Darah Tinggi di Kaki Perlu Penanganan Dokter

Pada program ini, I-Solution bekerja sama dengan Link Net akan mewadahi pertemuan antara para pelaku usaha unit kecil dan menengah, pemerintah, serta pencari kerja dalam satu platform .

"Pasar SAKTI adalah bagian dari upaya kami untuk mendorong pengembangan bisnis para pelaku UKM, serta mendukung upaya pemerintah untuk memulihkan perekonomian di Indonesia, di mana dukungan ini kami fokuskan pada pengembangan sumber daya manusia, dan pemanfaatan teknologi atau digitalisasi dalam bisnis khususnya bagi UKM," ungkap President Director PT Infra Solusi Indonesia, Benni Lim dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (17/7).

Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia (KemenkopUKM) pada tahun lalu sempat mengungkapkan jika UMKM menjadi salah satu sektor yang paling terdampak pandemi Covid-19. Kondisi itu membuat tersendatnya roda perekonomian di tataran UMKM, akibat terganggunya supply dan demand serta rantai pasok.

Sumber yang sama juga menyebut bahwa selama ini UMKM adalah salah satu penopang ekonomi nasional. Menurut data KemenkopUKM, setidaknya terdapat lebih dari 64 juta unit UMKM berkontribusi 97% terhadap total tenaga kerja dan 60% PDB Nasional1.

Chief Human Capital Officer PT Link Net Tbk sekaligus Director PT Infra Solusi Indonesia, Yosafat Hutagalung turut menambahkan bahwa Pasar SAKTI juga akan menjadi platform bagi para job seeker mendapatkan pekerjaan dan menjembatani pihak perusahaan untuk menemukan kandidat terbaik dan sesuai dengan yang dibutuhkan.

Virtual event Pasar SAKTI akan diisi dengan serangkaian webinar bertema Fight Back yang dirancang dan didedikasikan bagi seluruh UKM di Indonesia. Rangkaian webinar ini akan memberikan beragam materi yang meliputi people, process, dan technology yang diisi puluhan pembicara ahli serta praktisi dari bidang terkait, seperti Nicky Clara, Edward Suhadi, Handoko Hendroyono, Helga Angelina, Parlindungan Marpaung, dan masih banyak lagi.

Webinar ini akan menjadi wadah bagi seluruh partisipan untuk berbagi informasi, wawasan, serta pengalaman dalam mengembangkan bisnis UKM ataupun komersial, yang diharapkan dapat membantu para pelaku usaha untuk menghadapi tantangan dan terus berkembang di tengah masa pandemi saat ini.

Pasar SAKTI juga menghadirkan virtual expo yang akan diisi ratusan tenant produk UKM dan komersial dengan kategori mulai dari Kuliner, Fashion, Handicraft, Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta Safety Support, di mana seluruh pengunjung dapat melakukan transaksi langsung. Tidak hanya itu saja, bagi pengunjung yang sedang mencari pekerjaan, akan ada job fair yang diikuti oleh berbagai perusahaan dan dapat dikunjungi untuk mengetahui berbagai lowongan kerja yang tersedia serta mengajukan aplikasi kerja secara online.

Pada penyelenggaraan virtual event ini, I-Solution turut mengundang Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KemenkopUKM), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), dan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

Baca juga: Isolasi Mandiri? Jangan Panik, Ini Panduan yang Aman

Pasar SAKTI akan digelar setiap harinya pada pukul 09.00 - 17.00 WIB. Ditargetkan 10.000 pengunjung akan berpartisipasi pada gelaran virtual event ini. "Sesuai dengan namanya, kami berharap Pasar SAKTI mampu menjadi platform yang dapat menjawab kebutuhan pasar saat ini dari sisi pendidikan, peningkatan bisnis UKM dan komersial, penyediaan pasar tenaga kerja, serta menjadi sumber informasi dan inspirasi dalam menentukan strategi pemulihan dan pertumbuhan bisnis," tutup Benni Lim.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1205 seconds (0.1#10.140)