Presiden Jokowi dan Jubir Satgas Covid-19 Sebut PPKM Darurat Beri Efek Positif

Rabu, 21 Juli 2021 - 13:34 WIB
loading...
A A A
Sedangkan kegiatan yang lain pada sektor esensial dan kritikal, baik di pemerintahan maupun swasta serta terkait dengan protokol perjalanan akan dijelaskan secara terpisah.

"Saya minta kita semua bisa bekerja sama bahu-membahu melaksanakan PPKM ini, dengan harapan kasus akan segera turun dan tekanan kepada rumah sakit juga menurun. Untuk itu, kita semua harus meningkatkan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan, melakukan isolasi terhadap yang bergejala, dan memberikan pengobatan sedini mungkin kepada yang terpapar," terangnya.

"Pemerintah akan terus membagikan paket obat gratis untuk OTG dan yang bergejala ringan yang direncanakan sejumlah 2 juta paket obat," tambah Jokowi.

Nada positif juga disampaikan Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito. Menurutnya, pelaksanaan PPKM Darurat membuahkan hasil baik yakni penurunan mobilitas dan jumlah kasus harian Covid-19 di Indonesia.

Meski begitu, kata Wiku, untuk memastikan kasus sepenuhnya terkendali, maka dibutuhkan upaya dan kerja keras yang lebih kuat. Oleh karena itu, pemerintah dan seluruh elemen masyarakat diharap berupaya keras supaya secepatnya lonjakan kasus dapat landai dan terkendali.

Vaksinasi juga menjadi target lain yang kini tengah digenjot pemerintah. Program tersebut sudah terbukti di banyak dunia dapat menurunkan angka pasien Covid-19. Karena itu, Wiku berharap agar stok vaksin di daerah segera dihabiskan.

"Untuk memastikan ketersediaan vaksin, pemerintah menyatakan bahwa akan menerima kedatangan sebanyak lebih dari 30 juta dosis pada akhir Agustus dan juga terus menjamin masyarakat dapat mengakses vaksin dengan baik dengan skema pemerintah atau gotong royong," paparnya.

Jokowi dan Wiku Adisasmito yakin betul bahwa PPKM Darurat ini membuahkan hasil positif dalam upaya penanganan pandemi, salah satunya dilihat dari aspek penambahan kasus harian.

Mengacu pada data Kemenkes, apakah benar data harian aksus terkonfirmasi positif Covid-19 terus menurun?

MNC Portal coba merangkum temuan data kasus positif harian sejak dimulainya PPKM Darurat pada 3-20 Juli 2021 dan berikut hasilnya:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1202 seconds (0.1#10.140)