Ilmuwan Ungkap Asal Usul Covid-19, Bukan dari Laboratorium

Jum'at, 23 Juli 2021 - 11:43 WIB
loading...
Ilmuwan Ungkap Asal Usul Covid-19, Bukan dari Laboratorium
Ilmuwan Ungkap Asal Usul Covid-19 Bukan dari Laboratorium. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Ilmuwan mengungkapkan asal usul Covid-19 . 22 ilmuwan dari universitas dan lembaga penelitian China menerbitkan artikel yang mendukung asal usul virus corona baru dari alam di jurnal Science China Life Sciences.

Artikel itu muncul setelah 24 ilmuwan dari seluruh dunia menerbitkan surat terbuka di jurnal medis The Lancet bulan ini. Di mana menyatakan bahwa virus corona baru kemungkinan besar berasal dari alam dan bukan laboratorium.

Wu Chung-I, penulis artikel dan profesor biologi di Universitas Sun Yat-sen di Guangzhou, provinsi Guangdong, mengatakan kepada China Daily bahwa virus corona baru sangat baik beradaptasi dengan populasi manusia dibandingkan dengan virus corona di 2003.

Tingkat adaptasi ini kemungkinan besar telah berevolusi selama rentang waktu evolusi yang panjang karena virus mengakumulasikan serangkaian perbaikan kecil melalui mutasi acak.


"Dalam pandangan ini, virus corona baru tidak mungkin berevolusi di pasar hewan di kota besar dan bahkan lebih kecil kemungkinannya di laboratorium," kata Wu dilansir dari The Star, Jumat (23/7).

Wu menjelaskan klaim asal non-alami dari virus corona baru diperdebatkan karena bukti terbaru dari tanda mutasi menunjukkan bahwa evolusi virus mengikuti hukum alam sampai titik.

Mereka yang berpendapat virus itu buatan manusia harus menemukan tanda yang menentang hukum alam, seperti kode batang yang biasa digunakan dalam melacak garis keturunan sel.

"Jika tidak, akan lebih produktif untuk fokus pada proses alam hingga asal virus corona baru," jelas Wu.


Menurut Wu, sebelum pandemi Covid-19 , virus mungkin telah mengalami beberapa bentuk evolusi multi-langkah dalam populasi manusia, menghasilkan kemampuan beradaptasi yang luar biasa. Tetapi bagaimana tepatnya ini terjadi tetap menjadi misteri.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2023 seconds (0.1#10.140)